Gathering dan REVIEW ASUS ExpertBook B3 Detachable yang Fleksibel dan Ringkas!

3 komentar

Assalamualaikum, kabar baik nih.. 

Asus resmi mengumumkan kehadiran expertbook B3000 di Indonesia, laptop ini merupakan laptop edukasi berbasis Windows 11 yang paling portable dan fleksibel. Yang mana produk ini hadir sebagai sebuah laptop yang terpisah, sehingga laptop ini bisa digunakan sebagai tablet.

Asus Gathering Malang 2022

Gathering Asus di Malang

Bertempat di Hotel Ascent Premier Malang, alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara keren ini. Menghadirkan pembicara yang handal dibidangnya, kami dijelaskan banyak hal tentang kemampuan produk terbaru Asus ini. Ada Bang Firman a.k.a Bang Emmet yang kebetulan teman saya di komunitas Youtuber Squad, menjelaskan semua fitur-fitur kece dari Expertbook B3000 ini. Hadir juga dari Komunitas Snapdragon yang menjelaskan kemampuan super yang membackup performa Asus Expertbook B3000.

Dalam acara tersebut juga ada sesi tanya jawab yang setiap penanya pasti dapat hadiah, haha seru banget deh. Dan tidak kalah seru, tenyata anak saya (Aisy Wijaya) yang suka menggambar langsung nyobain Expertbook B3000 ini untuk membuat Fanart Kak Carol dan disambut baik oleh semua peserta.

Hand on: Aisy dan Kak Carol

Ada games seru juga di sesi setelah semua paparan materi melalui Game Kahoot, dan terpilih 3 pemenang terbaik yang mendapatkan saldo e-wallet. Asyik banget. 

Fisik Keren, Style Ringkas

Kembali ke review produk, desainnya yang ringkas dan fleksibel menjadikan salah satu keunggulan dari laptop Asus Expertbook B3000 ini. Tebalnya hanya satu cm dan mempunyai berat cuma 595 gram, membuat laptop ini mempunyai mobilitas yang tinggi dan juga tidak akan terlalu membebani. Karena dimensi dan bobotnya mirip seperti buku paling ideal untuk menunjang aktivitas para pelajar. Menariknya Expertbook B3000 juga tampil dengan stylus, perangkat ini akan memudahkan pengguna ketika digunakan pada mode tablet.

Bodi utamanya terbuat dari alumunium dan layar dilapisi panel kaca, untuk bezelnya agak tebal di sekeliling layar. Strip yang menghubungkan layar dan bagian belakang terbuat dari plastik, pun begitu tablet ini Sangat kokoh dan memiliki kualitas build yang baik. Expertbook B3000 memiliki tampilan layar jenis IPS berukuran 10,5 inci dengan aspek rasio ke body 16 banding 10. Pada bagian lain laptop detachable ini memiliki dudukan dan penutup keyboard. Masing-masing memiliki lapisan kain di bagian belakang dan keduanya dapat dipasang secara magnetis ke tablet.

Sementara banyak item praktis disertakan juga pemilihan port yang agak jarang dan minimal, hanya dudukannya ini memiliki fitur yang memungkinkan tablet digunakan dalam mode vertikal. Untuk sandaran tangannya pada penutup keyboard terbuat dari plastik. Asus Expertbook B3000 juga dilengkapi dengan stainless yang terintegrasi pada sasisnya namun sayangnya laptop ini hanya memiliki satu port usb-c dan Jack audio 3,5 MM, tidak ada Slot SD Card.

Asus ExpertBook B3 Detachable Laptop / Tablet


Kamera Terbaik untuk Tablet/Komputer di Kelasnya

Selain itu masih ada dua kamera, dimana kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dan untuk kamera belakangnya menggunakan sensor beresolusi 13MP. Kamera belakangnya dapat digunakan untuk berbagai aktivitas saat belajar seperti mengambil gambar dan merekam video saat guru menerangkan di depan kelas. Pada bagian keyboard setiap tombolnya dibuat lebih kecil dibandingkan laptop lainnya, namun masih nyaman untuk digunakan bagi mereka yang memiliki tangan yang lebih besar. Sayangnya nih keyboard ini nggak memiliki backlight yang mempermudah pengguna saat mengetik pada kondisi gelap. Ya mungkin tidak dirancang untuk yang gelap-gelap kali ya, haha.

Tombol-tombolnya juga punya jarak tempuh yang rendah meskipun masih relatif nyaman untuk ditekan, pada bagian touchpad memang ukurannya lebih kecil memiliki permukaan yang terbuat dari bahan plastik respon touchpad ini cukup baik. Meskipun pengguna masih dapat menggunakan layar sentuh untuk mendukung aktivitas para pelajar yang lebih beragam, laptop ini telah dilengkapi dengan stylush yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus yang terintegrasi di body laptop ini. Stylus ini terintegrasi baterai untuk mengisi daya di dalam sasis pena dengan dua tombol. Ini berfungsi sebagai metode alternatif untuk menggunakan layar sentuh. Ketika dicoba stylus ini cukup peka terhadap tekanan, dan ideal untuk menggambar dan menulis.

Baca juga: Jika Anda Depresi dan Butuh Solusi

Asus ExpertBook B3 Detachable Cocok untuk Pelajar

Fitur Lengkap untuk Belajar dan Bekerja

ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop yang sangat tepat untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, seperti para pekerja kantoran dan pelajar. Untuk mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern salah satunya adalah AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga pengguna laptop ini dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online conference atau online meeting. Pengguna ExpertBook B3000 juga dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.

Tidak hanya sistem audio-nya, kamera ExpertBook B3000 juga dirancang agar penggunanya lebih nyaman saat dalam sesi video conference. Kamera ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Memudahkan penggunanya, ExpertBook B3000 juga telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

Pemateri: Bang Firman Menjelaskan Fitur Expertbook B3000

Performa Mumpuni dengan Daya Tahan Baterai Panjang

ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop detachable yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Berbeda dengan laptop pada umumnya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya sehingga dapat menemani penggunanya seharian.

Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform juga dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. Meski memiliki performa komputasi yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap tampil sangat efisien saat bekerja dan memungkinkan ExpertBook B3000 untuk dapat beroperasi menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Meski menyajikan pengalaman penggunaan mirip dengan peangkat mobile, ExpertBook B3000 tetap tampil sebagai laptop yang ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Sistem operasi terbaru tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari sehingga memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa kendala.

Lomba Tiktok dan Instagram Reels

Pada waktu Gathering juga peserta di challenge untuk membuat video review tentang produk Asus Expertbook B3000 sekreatif mungkin. Dan terpilih 3 pemenang untuk mendapatkan Hadiah berupa Asus Expertbook B3000 untuk Juara 1, diraih oleh Fery Arifian. Juara 2 saldo E-wallet Rp. 1.000.000 yang diraih oleh Aisy Wijaya, dab Juara 3 saldo E-wallet Rp. 500.000 yang diraih oleh Deny Firmansyah.

Para pemenang Lomba Video Tiktok / IG Reels

Penutup

InsyaAllah sudah lengkap liputan Gathering dan review Asus Expertbook B3000 ini. Dan buat yang pengen banget meminang Gadget keren ini boleh donk langsung kontak Team Asus dibawah ini.

Kujungi websitnya di: http://id.asus.com
Atau kontak aja bagian Public Relations, Kak Erlyin Purnama Caroline via email Erlyin_Purnama@asus.com 
Bisa juga ke bagian Product Marketing ada Kak Aldy Ramadiansyah via Email: Aldy_Ramadiansyah@asus.com
Keduanya bisa juga dihubungi melalui layanan Telepon di :  021-2949 5055.

Semoga Bermanfaat.

Related Posts

3 komentar

  1. This is very nice blog and informative.

    BalasHapus
  2. I was very impressed when I found your writing.

    BalasHapus
  3. It's fantastic to hear about your experience at the Asus gathering in Malang! The Asus Expertbook B3000 seems like a sleek and lightweight device, perfect for students. The inclusion of a stylus and the impressive camera features add significant value. The engaging activities, such as the Kahoot game, further enhance the overall event experience. Great blog post! Reckless Driving New Jersey | Driving Without A License New Jersey

    BalasHapus

Posting Komentar