Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Mengelola Rasa Takut Berbicara

4 komentar

Keterampilan berbicara di depan umum penting bagi Anda sebagai seorang pemimpin. Pembicara publik yang baik dapat memotivasi, menginspirasi, dan mengubah orang dalam satu sesi berbicara. Ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa perusahaan benar-benar mencoba menggunakan bonus besar dan kenaikan gaji untuk membuat karyawan mereka termotivasi, berbicara di depan umum sebenarnya adalah keterampilan yang sangat berguna untuk dimiliki.

Anda dapat menghemat jutan rupiah untuk mencoba memotivasi karyawan atau tim Anda dengan uang (yang merupakan metode yang buruk untuk memotivasi) hanya dengan mempelajari cara berbicara dengan baik untuk menginspirasi dan memotivasi orang.

Kak Ale Pendongeng Malang Guru Public Speaking
Kak Ale Pendongeng Malang Guru Public Speaking

Mengalahkan Ketakutan

Jerry Seinfeld berkata, "Menurut sebagian besar penelitian, ketakutan nomor satu orang adalah berbicara di depan umum. Nomor dua adalah kematian. Kematian adalah nomor dua. Apakah kedengarannya benar? Ini berarti bagi kebanyakan orang, jika Anda pergi ke pemakaman, Anda lebih baik di peti mati daripada melakukan pidato?"

Nah, itu lucu sih, tapi bisa jadi benar!

Anda mungkin pernah memiliki pengalaman berbicara di depan umum dan Anda benar-benar ketakutan karenanya! Pikiran harus berbicara di depan orang dan membuat setiap gerakan Anda, setiap kata diteliti oleh orang hanya membuat Anda bergidik!

Tips Memiliki Ketrampilan Berbicara di Depan Umum

Mempertimbangkan manfaat dari keterampilan berbicara di depan umum yang baik, penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana Anda dapat mengelola rasa takut yang muncul saat berbicara di depan orang.

Pertama, pahami apa ketakutan itu.

Ketakutan umum dialami oleh presenter, beberapa ketakutan umum yang dialami oleh presenter adalah takut terdengar bodoh, takut isinya tidak cukup baik, takut dicermati dan takut akan hal yang tidak diketahui. Tetapi semua ketakutan ini dapat diringkas dalam satu ketakutan utama yang umum bagi semua orang: perasaan tidak mampu.

Pada dasarnya itu berarti Anda merasa bahwa Anda tidak cukup baik dan pikiran untuk berdiri di depan semua orang untuk berbicara membuat Anda merasa seperti ditelanjangi dan setiap bagian dari diri Anda diamati saat Anda berdiri di sana!

Saat Anda melihat semua orang yang hadir, Anda merasa setiap langkah yang Anda ambil, setiap kata yang Anda ucapkan akan dikritik oleh orang-orang yang mendengarkan Anda!

Pikiran-pikiran itu menakutkan, bukan?

Coba tebak, Anda tidak sendiri. Mereka juga umum bagi orang-orang yang memiliki pengalaman berbicara di depan audiens!

Tapi Anda berbeda. Anda seorang pemimpin dan Anda harus belajar bagaimana Anda mengatasi ketakutan ini dan tidak membiarkan mereka membuat Anda gagap.

Strategi keterampilan berbicara di depan umum

Ketahuilah bahwa pembicara publik dan presenter merasa gugup adalah hal yang wajar.

Ketahuilah bahwa bukan hanya Anda yang merasakannya. Saya merasakannya juga. Dan setiap presenter lainnya merasakan tingkat kegugupan tertentu sebelum dia naik untuk berbicara.

Ternyata ada loh, seorang pengkhotbah yang selalu mengisi di Masjid dan bahkan setelah 10 tahun berkhotbah, dia masih merasa sedikit gugup naik ke atas panggung berbicara kepada puluhan jamaah.

Fokus pada Tugas yang Ditangani

Adlai Stevenson berkata, "Sulit untuk memimpin serangan kavaleri jika Anda merasa terlihat lucu di atas kuda." Alasan mengapa orang terus gugup di atas panggung adalah karena mereka memikirkan diri mereka sendiri, bagaimana penampilan mereka di atas panggung, dan bagaimana kata-kata mereka terdengar.

Jika Anda menemukan bahwa pikiran Anda hanya tentang diri Anda sendiri, hentikan! Hatimu harus untuk orang-orangmu. Fokus pada pesan yang ada.

Apa yang Anda ingin tim Anda terima? Apa pesan yang perlu Anda sampaikan? Fokus pada hal-hal ini dan Anda akan menemukan kata-kata mengalir keluar dari diri Anda secara alami.

Saya telah berada pada tahap di mana saya sangat takut untuk berbicara karena sebagian besar waktu saya hanya memikirkan apakah pesan saya cukup baik untuk tim saya, tetapi Anda hanya harus melepaskannya, pikirkan tentang apa yang mereka butuhkan. mendengar, dan mengatakannya.

Biarkan saja. Berhentilah memikirkan diri Anda sendiri, mulailah memikirkan orang-orang yang Anda pimpin dan Anda akan menemukan bahwa berbicara di depan umum adalah hal yang wajar.

Berbicara dari Hatimu

Apa yang ada di hatimu? Apa yang membara di dalam hati Anda yang ingin Anda sampaikan kepada tim Anda? Ini adalah satu hal yang tidak dapat diajarkan oleh kursus keterampilan berbicara di depan umum.

Untuk menjadi inspiratif, Anda harus memiliki visi masa depan yang ideal dan membimbing tim Anda ke arah itu. Dalam dunia norma sosial, Anda harus berani berbicara tentang masa depan yang ingin Anda ciptakan, dan menetapkan hati untuk mencapainya.

Secara pribadi saya tidak mengikuti kursus apa pun tentang keterampilan berbicara di depan umum, tetapi saya berhasil membuat pidato yang menginspirasi hanya dengan visi di hati saya. Orang-orang memberi saya umpan balik bahwa saya benar-benar menginspirasi mereka untuk terus melayani komunitas mereka.


Sejujurnya, saya kagum dengan efek pidato saya, karena saya baru saja menyusunnya dari kepala saya beberapa jam yang lalu. Tetapi saat itulah saya menyadari bahwa pidato yang kuat hanya dapat dibuat bukan dengan naskah orang lain, atau teknik apa pun, tetapi dengan hati Anda.

Apa yang ada di dalam hatimu? Bagikan ini.

Ini hanyalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi rasa takut berbicara; lihat lebih banyak artikel tentang keterampilan dan strategi berbicara di depan umum yang dapat Anda adopsi untuk menjadi pemimpin yang lebih berpengaruh dan inspiratif melalui pidato.

Semoga Bermanfaat.

* * *

Jika Anda ingin menguasai lebih banyak ilmu tentang Publc Speaking, silahkan menghubungi manajemen Kak Ale via WA 0856-3544-862 (Bu Vivi)

Related Posts

There is no other posts in this category.

4 komentar

  1. The post you shared is very unique and informative.

    BalasHapus
  2. You made some decent factors there.

    BalasHapus
  3. It's great to see that you've taken the first step towards overcoming your fear of public speaking! Fear is natural, especially when it comes to presenting or speaking in front of others. However, knowing that many others share this fear can help alleviate some of its power. Uncontested Divorce Lawyer New York
    Reckless Driving New Jersey
    Accused Of Domestic Violence in New Jersey

    BalasHapus

Posting Komentar