Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Minggu, 26 September 2021

Mana yang Lebih bagus? Perbedaan Internet Serat Optik dan Non Serat Optik

Internet cepat dan stabil fiber
Ilustrasi: Internet Cepat dan Stabil

Pernahkah Anda mendengar istilah internet fiber? Internet sendiri merupakan sebuah sistem komunikasi secara global yang menghubungkan antar media elektronik dalam durasi waktu sangat cepat dan tepat. Sedangkan untuk internet fiber ini merupakan paket layanan untuk mengakses internet dengan memanfaatkan jaringan kabel.

Jika ada internet fiber, ada juga internet non fiber. Mana yang lebih bagus digunakan? dan apa perbedaan dari kedua layanan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu memahami terlebih dulu kedua layanan tersebut, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Layanan Internet Fiber

Internet fiber adalah sebuah sistem layanan komunikasi menggunakan internet yang memanfaatkan jaringan kabel sebagai penghubung antar media elektronik. Kapasitas bandwidth dari layanan jaringan interne fiber ini lebih besar hingga kecepatan transmisi data Gigabit per second membuat Anda semakin nyaman untuk mengakses internet.

Kapasitas yang besar ini juga menghasilkan kualitas jaringan cukup bagus hingga 99,5%. Meskipun dengan pemasangan kabel, daya listrik yang dikonsumsi sangat hemat, tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak tambahan biaya listrik. Hanya saja, untuk mendapatkan layanan berkualitas juga membutuhkan infrastruktur berkualitas juga dengan harga yang cukup mahal. 

Layanan Internet Non Fiber

Jika layanan internet fiber menggunakan jaringan kabel, dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa paket layanan internet yang digunakan tanpa menggunakan kabel sebagai penghubung antar media elektronik yang sedang berkomunikasi. Internet non fiber ini lebih sering dikenal dengan jaringan wireless yang tidak membutuhkan kabel untuk bisa saling berkomunikasi. 

Dengan menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu memasang banyak infrastruktur sehingga biaya menjadi lebih murah. Ketika mau dipindahkanpun bisa dilakukan secara fleksibel. Hanya saja untuk kualitas koneksi internetnya tidak sebagus yang menggunakan layanan jaringan internet fiber bahkan bisa dikatakan koneksi tergantung pada kondisi cuaca dan batasan fisik. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar dari internet fiber dan non fiber ada pada perangkat kabelnya. Serta dari kedua layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk layanan internet super cepat bisa Anda percayakan pada Indihome, yang mana akan memberikan kepuasan untuk internetan dengan minim gangguan. Untuk paketnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berlangganan Indihome sekarang juga dan nikmati semua kemudahannya. Anda akan mendapatkan akses internet stabil jika berlangganan IndiHome !


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Komentar, Anda Sopan Kami Segan.
Semoga Allah membalas dengan Kebaikan dan Keberkahan.