Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Friday, March 19, 2021

GAMPAR 2021! Gerakan Cinta Rasulullah SAW Untuk Parenting Indonesia

Bismillah Arrahman Arrahiim,

Seperti yang kita ketahui bersama, Nabi kita tercinta, Rasulullah SAW bersabda:

"Ajarilah anak kalian mengerjakan salat ketika berumur 7 tahun, dan pukullah ia jika telah mencapai 10 tahun ia mengabaikannya"

(HR Abu Daud, Al-Tirmidzi, Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibn Khuzaimah).

Berdasarkan hadis tersebut, dapat dilihat bahwa orang tua diperbolehkan untuk memukul anak jika ia mengabaikan / meninggalkan Sholat.  Tentu dengan beberapa catatan, diantaranya tidak boleh kasar dan tetap mengutamakan kelemahlembutan.

Keutamaan berlemah lembut

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ الرِّفْقَ لاَيَكُوْنُ فِيْ شَيْئٍ إِلَّا زَانَهُ وَمَا يُنْزَعُ مِنْ شَيْئٍ إِلَّا شَانَهُ

“Tidaklah kelemahlembutan ada pada sesuatu kecuali akan menghiasainya dan tidaklah dicabut darinya melainkan akan memperjeleknya ” (HR. Muslim 2594 dari ‘Aisyah radhiallahu’anha)


Sabda beliau shallallahu’aaihiw asallam,

مَنْ يُحْرَمُ الرِّفْقَ يُحْرَمُ الخَيْر

“Siapa saja yang dihalangi dari kelemahlembutan maka dihalangi pula dari kebaikan” (HR. Muslim 2542 dari Jabir bin Abdullah radhiallahu’anhu)


Juga sabda beliau shallallahu’alaihi wasallam,

إِنَّهُ مَنْ أُعْطِيَ حَظُّهُ مِنَ الرِّفْقِ فَقَدْ أُعْطِيَ حَظُّهُ مِنْ خَيْرِالدُّنْيَاوَالأَخِرَة

“Sungguh orang yang telah diberi bagian kelembutan berarti ia telah diberi bagian kebikan dunia dan akhirat” (HR. Ahmad 6/159 dari ‘Aisyah radhiallahu’anha)


Dan beliau bersabda,

إِذَا أَرَادَ اللهُ بِأَهْلِ بَيْتٍ خَيْرًا أَدْخَلَ عَلَيْهِمُ الرِّفْقَ

“Jika Allah menginginkan kebaikan bagi sebuah anggota keluarga maka Dia akan memasukkan kelembutan kepada mereka” (HR. Ahmad 6/71, 6/104-105, hadits shahih)


Sabda beliau,

إِنَّ اللهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ

“Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan mencintai kelembutan.” (HR. Muslim 2593 dari ‘Aisyah secara marfu’)

Nah, 
Dari semua paparan diatas, seolah terjadi sebuah Paradoks alias bertolak belakang. apalagi ada sebuah 
riwayat bahwa Rasulullah SAW tidak pernah memukul sesuatu dengan tangannya sama sekali, tidak kepada istri beliau ataupun pembantu beliau. Beliau hanya memukul ketika berperang dijalan Allah. (HR. Muslim 2328)

Bergabung GAMPAR 2021!

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai umat Rasulullah SAW? Hadits pertama menyuruh, tapi hadits selanjutnya melarang, bahkan tak sekalipun riwayat menyampaikan Nabi Muhammad SAW pernah memukul keluarganya, bahkan pembantunya sekalipun.

Disitulah GAMPAR 2021 hadir memberikan solusi, program yang digawangi oleh Kak Ale @PendongengMalang ini menjadikan kita semakin mudah menjalankan Sunnah Nabi, dalam hal ini untuk memukul anak sebagai peringatan jika meninggalkan Sholat.

GAMPAR adalah sebuah singkatan sebagai berikut:
G: Gerakan
A: Ayo pukul Anak (yang)
M: Malas Sholat
P: Pendidikan
A: Ala
R: Rasulullah SAW

Perhatikan poin-poin berikut:
1. Memang mustahil untuk menemukan riwayat seorang Nabi Muhammad SAW memukul anaknya, karena anak Nabi tidak ada yang Bandel, semua penurut, apalagi urusan aqidah. Jangan samakan dengan anak-anak kita.
2. Mencintai Nabi = Menjalankan Sunnahnya. Yuk kita jalankan semuanya.

Kesimpulan

Jadi kita harus memukul anak?
Kenapa tidak jika anak kita tidak mau sholat?
Tentu dengan catatan dan garisbawah, lakukan dengan kelembutan dan menyenangkan, serta jangan sampai memukul wajah. Karena Rasulullah SAW bersabda:
“Jika salah seorang diantara kalian memukul saudaranya maka hendaknya dia menghindari memukul wajah.” (HR. Muslim 2616 dari Abu Hurairah RA secara marfu’).

Dan berikut Tutorial Memukul Anak yang Lembut dan Menyenangkan

  1. Memukul tak selalu fisik, maka mengingatkan dengan kata-kata kebaikan dapat diartikan sebagai memukul keburukan. Right?
  2. Memukul dengan Lembut adalah kegiatan memukul anak secara fisik dengan tanpa rasa amarah berlebih, bahkan tanpa rasa sakit, bertujuan agar anak memahami bahwa kewajiban Sholat harus dilaksanakan setiap umat Muslim.
  3. Peluk Anak setelah dipukul dan mintalah maaf, bahwa hal itu dilakukan hanya untuk mengejar pahala Sunnah dan mengamalkan "Amar ma'ruf nahi munkar".
  4. Pukul dengan alat yang menyenangkan, dalam dunia sulap ada sebuah Tongkat Ajaib yang bisa digunakan untuk memukul dan membuat anak tidak merasa kesakitan. Bukannya rasa sakit, tapi malah rasa senang, lucu, semangat campur takjub jika Anda memilikinya.

Tongkat Ajaib bisa Keluar dari Tangan dalam Sekejab

Yuk bergabung GAMPAR 2021 dengan memiliki Tongkat Ajaib ini, karena alat sulap ini 100% orang awam bisa memakainya, bahkan anak-anak pun bisa melakukannya.

"Berikan pengalaman Menarik dan Menyenangkan untuk sang Buah Hati tercinta dalam menanamkan Aqidah, terutama kewajiban Sholat"

"Jika bukan Anda yang mendidik, siapa lagi?
dan "Jika bukan dari sekarang, kapan lagi?"

Segera Pesan Tongkat Ajaib bisa WA ke 0898-0340-034 
Atau klik: wa.me/628980340034

Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment