Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Thursday, November 12, 2020

Dongeng Asal-usul Candi Songgoriti (Kota Batu Jawa Timur)

Dongeng Kisah Candi Songgoriti Batu Kak Ale Pendongeng Malang

Assalamualaikum teman-teman,

Kali ini ada cerita menarik nih tentang sejarah candi songgoriti batu malang, cerita ini yang disusun oleh Kak Ale @PendongengMalang, yuk kita simak bersama.

Alkisah... disebuah daerah di Jawa Timur, terdapat sebuah tempat yang pada jaman dahulu tidak bisa dihuni oleh manusia. Karena tempat itu berada disekitar kawah panas gunung berapi, yang membuat air di sekitar tempat tersebut menjadi sangat panas dan tidak bisa dipakai oleh manusia, sedangkan air adalah kebutuhan utama untuk manusia bisa hidup.

Sekitar Abad ke 9 Masehi, Istana Medang di Mataram (Jawa Tengah) hancur akibat letusan Gunung Merapi, letusan itu juga yang disertai gempa bumi, maka Mpu Sindok sebagai Raja Medang pun memboyong Keluarganya menuju Jawa Timur.

Saat diperjalanan Mpu Sindok melihat sebuah tempat yang tak berpenghuni dan memiliki sumber air panas, bukannya menghindar, malah Mpu Sindok berkeinginan singgah di tempat tersebut untuk Keluarganya tinggal.


Lalu Mpu Sindok pun memerintahkan Mpu Supo, untuk mencari cara, bagaimana agar di tempat tersebut menjadi layak untuk dipakai dan dihuni manausia.

Mpu Sindok: Wahai Mpu Supo, kemarilah.

Mpu Supo: Ampun Paduka, apa kiranya yang bisa saya bantu?

Mpu Sindok: Disana aku melihat sebuah tempat yang bagus, namun sayang airnya sangat panas. Apakah engkau bisa membuat air tersebut menjadi lebih dingin agar bisa dipakai oleh keluargaku singgah?

Mpu Supo: Ampun Paduka, beri saya waktu agar bisa mendapatkann solusinya.


Lau teman-teman,

Mpu Supo pun meneliti dan mencari cara bagaimana agar air di tempat tersebut bisa menjadi layak dan dapat dihuni manusia. Akhirnya muncullah sebuah ide untuk mambangun sebuah Candi yang menutupi air dari aliran Kawah Panas Gunung Berapi tersebut.

Dengan segala ilmu dan kesaktiannya, serta kegigihan dalam berusaha, misi yang diembankan oleh Mpu Sindok kepada Mpu Supo pun berhasil membuat aliran air dari Kawah panas tertutup. Dan Air pun terpecah menjadi tiga sumber, yaitu sumber air panas, sumber air dingin dan sumber air belerang. Mpu Sindok senang, dan keluarga kerajaan pun singgah untuk istirahat dan mandi di kolam sumber air tersebut.


Anehnya, sampai hari ini 3 sumber air yang berdekatan itu tak pernah sekalipun tercampur dari asalnya, ingi sungguh luar biasa.


Tahukah teman-teman?

Kini, Candi Mpu Supo tersebut lebih dikenal sebagai Candi Songgoriti, terletak di Desa Songgokerto Kota Batu. Maka, kita harus bangga menjadi warga Kota Batu, karena mempunyai sejarah yang Luar Biasa.

Nah teman-teman, dari kisah ini kita belajar sebuah hikmah, jika kita berusaha pasti bisa merubah sesuatu yang buruk menjadi kebaikan, tentunya kita harus senantiasa semangat belajar agar ilmu kita juga terus bertambah.

~ ~ ~

Notes: Kisah / Dongeng ini dirangkum oleh Kak Ale dari berbagai sumber.

Jika ingin bekerja sama untuk event mendongeng dengan Kak Ale bisa kontak Manajeman via Telp/WA: 0856.3544.862 atau klik link berikut wa.me/628563544862

Biasanya orang mencari artikel ini dengan kata kunci sebagai berikut: dongeng asal usul songgoriti, candi songgoriti peninggalan kerajaan, candi songgoriti kota batu jawa timur, candi songgoriti malang, candi songgoriti terletak di, candi songgoriti di mana, candi songgoriti di malang, gambar candi songgoriti, fungsi candi songgoriti, artikel candi songgoriti, sejarah songgoriti, sejarah candi songgoriti, sejarah candi songgoriti batu malang, wisata sejarah songgoriti, sejarah singkat songgoriti, sejarah tirta nirwana songgoriti, sejarah berdirinya candi songgoriti



0 comments:

Post a Comment