Inilah Software Cloud Erp Terbaik: SystemEver Indonesia

19 komentar
SystemEver Software Cloud Erp Terbaik Indonesia
Ilustrasi: Software Cloud Erp Terbaik Indonesia

Sebagai pelaku UMKM kami merasa perlu terus belajar agar usaha yang kami tekuni ini bisa berkembang. Alhamdulillah, berdasarkan Data Kementerian Koperasi dan UMKM, pada tahun 2018, UMKM telah memberikan 60,34% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional. Hal ini menunjukkan bahwa UKM memiliki kekuatan dalam mendorong meningkatkan perekonomian Indonesia, dan kami bangga menjadi bagian dari data tersebut. Dan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis UMKM, pemerintah Indonesia telah menetapkan regulasi dan institusi pemerintah yang membantu dan mendukung UMKM. Dukungan pemerintah akan meningkatkan UMKM menjadi suatu bisnis yang berkembang dan maju.

Lalu kami mulai mencari sebuah sistem yang mampu mendukung dan bahkan menopang perkembangan Usaha kami. Tidak dipungkiri bahwa hari ini kita memasuki Industri 4.0, sebuah Era yang mengedepankan Teknologi Informasi pada setiap lini industri. Termasuk di dalamnya adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang selama ini menjadi penopang ketahanan ekonomi Indonesia. Dan kami mulai mengenal Software Sistem Cloud ERP sebagai bagian dari solusi kemajuan usaha kami. Secara sederhana ERP (Enterprise Resource Planning) dapat diartikan sebagai sebuah konsep sistem yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan. ERP dijalankan dengan dukungan seperangkat infrastruktur berupa (komputer/pc, ponsel dan tablet) dan berupa aplikasi, baik dalam bentuk hardware maupun software yang digunakan untuk mengintegrasikan pengolahan data dan informasi didalam sebuah perusahaan sehingga menjadi lebih mudah dan efektif.



Contoh-contoh Modul Pada ERP

1. Sales Order Processing

Apapun jenis bisnis dari pelaku usaha, keuntungan akan didapat dari proses penjualan. Sistem ERP mempunyai modul penjualan yang fitur-fiturnya dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.

2. Purchasing

Modul pembelian yang terdapat pada sistem ERP mengotomatiskan identifikasi calon penjual, negosiasi harga, saat pembelian, hingga proses penagihan.

3. Production Planning

Sistem ERP ini sifatnya untuk produksi, sehingga implementasi perencanaan, optimalisasi, dan lain-lainnya dapat terdata secara lengkap dengan hsitory yang sangat kompleks.

4. Financial Accounting

Modul akuntansi juga ada pada sistem ERP. Semua data keuangan juga dapat disinkronisasi dari beberapa divisi atau departemen dalam satu perusahaan sehingga data yang ditampilkan akan lebih efisien.

5. Human Resources

Dalam pengelolaan sumber daya manusia dan modal manusia, modul pada sistem ERP akan secara berkala memeriksa database para pekerja secara lengkap seperti informasi kontak, rincian gaji, kehadiran, hingga promosi dan evaluasi dalam bekerja.

System Cloud ERP SystemEver
Ilustrasi: System Cloud ERP


Pengertian dan Penjelasan ERP Secara Detail


ERP merupakan suatu pemecahan yang digunakan melaksanakan kenaikan produktivitas industri, dengan penyediaan data secara nyata. Alasankuat akan hadirnya konsep ERP ialah sebab secara keseluruhan, industri hendak melaksanakan integrasi sistem, divisi, ataupun bagian yang terpisah bagaikan satu kesatuan. Penafsiran ERP (Enterprise Resource Planning) ialah sesuatu konsep yang dibuat untuk membuat perencanaan dan pengelolaan sumber energi industri yang melingkupi dana, mesin, SDM, waktu, material, serta stok atau kapasitas.

ERP sendiri terdiri dari tiga (3) bagian, antara lain:

Enterprise (Industri/Organisasi)
Resource (Sumber Energi)
Planning (Perencanaan)

Penyebutan ERP (Enterprise Resource Planning) ini mencerminkan sesuatu konsep yang berujung pada kegiatan perencanaan. Dengan kata lain, ERP ini lebih mencermati aspek sesuatu perencanaan. Mengacu pada definisi ERP itu hingga kita dapat mengenali kalau ERP ini mempunyai kegunaan yakni  perlengkapan untuk menggabungkan atau mengintegrasikan proses produksi barang ataupun jasa dalam perusahaan, dan pula integrasi informasi dalam organisasi.


Young Beom Kwon CEO SystemEver
CEO: Young Beom Kwon

Pengertian atau Penafsiran ERP dari Para Ahli


Berikut adalah beberapa pengertian ERP yang dikemukakan oleh para ahli:

1. Daniel E. O’ Leary

Beliau mengatakan bahwa makna ERP ini ialah sesuatu sistem berbasis computer, yang didesain dalam memproses bermacam transaksi sebuah perusahaan dan memfasilitasi perencanaan yang terintegrasi denan secara real time, penciptaan, dan reaksi atau respon dari konsumen.

2. Hau dan Kuzic

Menurut Hau dan Kuzic ERP mempunyai arti multi- modul, pemecahan aplikasi pengemasan bisnis yang membolehkan organisasi dalam mengintegrasikan sesuatu proses bisnis dan kinerja industri, pendistribusian informasi, pengelolaan sumber energi, serta penyediaan akses informasi.

3. O’ Brien

ERP yang dikemukakan oleh O’Brien ialah sesuatu perangkat lunak lintas guna terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, keuangan, sumber energi manusia, distribusi, dan sesuatu proses bisnis yang lain dari sesuatu industri yang berfungsi meningkatkan efisiensi, efektifitas kerja, dan profitabilitasnya.

4. Ellen Monk

Penafsiran ERP yakni suatu sistem yang menolong mengendalikan proses bisnis dari mulai proses produksi, marketing, pembelian, dan accounting di dalam sesuatu kesatuan yang terintegrasi. ERP berfungsi untuk mengelola keuangan, karyawan, logistik, distribusi, penggajian, penjualan, administrasi dan proses-proses lainnya.


Mengenal lebih lanjut Sistem ERP dan Kelebihannya


Dalam  mengenal Sistem ERP sebagai konsep planning dan pengelolaan sumber daya perusahaan dalam bentuk aplikasi atau software, kita harus memahami, 3 elemen penting dalam ERP.  ERP terdiri atas 3, yaitu perusahaan (Enterprise), sumber daya (Resource) dan perencanaan (Planning). Software Sistem ERP sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan teknologi yang menggunakan komputer, sistem ERP akan mampu menganalisa dan merencanakan sumber daya yang ada dalam perusahaan, seperti keuangan, akuntansi, SDM (sumber daya manusia), manajemen persediaan, dan bagian yang lain, untuk selanjutnya diintegrasikan antara satu dengan yang lain, sehingga menciptakan kolaborasi yang efisien dan efisien.

Menyatunya pengelolaan seluruh sumber daya perusahaan akan mengakibatkan berbagai informasi serta datayang dibutuhkan dapat dijangkau dengan akurat dan mudah, sehingga akan menunjang kinerja sebuah perusahaan. Sistem ERP ini akan mendukung segala kegiatan yang ada di dalam perusahaan. Pengguna ERP ini, tidak hanya digunakan oleh  perusahaan besar, tapi perusahaan menengah SME (Small Medium Enterprise), ataupun usaha yang masih berskala UMKM (Usaha mikro kecil menengah),  disarankan juga untuk menggunakan software ERP sejak dini.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, pelaku bisnis yang ingin berkembang dan maju pesat, sangat membutuhkan digitalisasi sistem manajemen yang canggih, yang menjamin setiap bagian terkoneksi dengan baik dan mempunyai sistem pengawasan yang optimal dari owner perusahaan,  dimanapun dan kapanpun.


SystemEver: Software ERP Terbaik di Indonesia


Dan Inilah Rekomendai Software Cloud Erp Terbaik: SystemEver Indonesia


Berikut Alasan Mengapa Harus Memakai SystemEver:


  1. Memiliki fitur Visual-K™ yang mudah digunakan
  2. Pelanggan SystemEver akan menikmati sebuah fitur yang dikenal dengan nama Visual-K. Fungsi dari fitur ini untuk membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan software cloud ERP. Tampilan antarmuka yang mudah dipahami, tidak lagi menggunakan pull down menu sehingga menjadi lebih sederhana digunakan dan membuat pelanggan lebih nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Kemudahan lainnya yaitu semua proses berjalan dengan jelas dan cepat.

  3. Harga yang terjangkau
  4. SystemEver adalah software cloud ERP murah tapi bukan murahan. Masalah harga adalah hal yang harus diperhatikan dalam bisnis. SystemEver menawarkan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sesuai kebutuhan sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

  5. Aksesnya Fleksibel dan bisa dimana saja
  6. Sofware Cloud ERP SystemEver memiliki Akses Flexible bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet maupun ponsel asalkan perangkat tersebut terkoneksi dengan akses internet.

  7. Telah berpengalaman dan terpercaya
  8. Salah satu aspek yang harus diperhatikan ketika hendak menggunakan sistem ERP adalah kualitas dari sistem ERP yang telah dikembangkan oleh perusahaan ERP terkemuka dari Korea Selatan yaitu YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd. Perusahaan ini tentu sudah lama berkecimpung dibidangnya. Jadi, tidak perlu diragukan lagi sistem ERP yang dibuatnya.

  9. Produk sesuai dengan kebutuhan
  10. SystemEver memiliki Sistem ERP terbaik dengan  iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7).

  11. Tersedia dalam 5 Bahasa
  12. Sebagai “Software ERP terbaik di Asia Tenggara”, SystemEver sudah dilengkapi dengan layanan dalam 5 bahasa diantaranya Bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia sehingga mudah dipahami oleh penggunanya.



Macam-macam Software Sistem ERP di SystemEver


Salah satu syarat Aplikasi ERP Terbaik adalah memiliki beragam model. Dibawah ini adalah lima ragam model yang bisa digunakan sesuai kepentingan perusahaan yang disediakan oleh SystemEver sebagai "Software Cloud Erp Terbaik di Indonesia"

i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Model software cloud ERP SystemEver ini untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya dan menemukan laba, memonitor pengeluaran dan penerimaan secara realtime sehingga bisa mengurangi pemborosan, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal. Software ERP SystemEver model i1 Series ini mudah digunakan pemula sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki ahli keuangan khusus.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)

Software ERP SystemEver ini cocok bagi perusahaan dengan banyak karyawan, khususnya saat penggajian. Zaman sekarang penggajian tidak bisa dilakukan manual. Di Systemever model i2, masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah. Model i1 membantu perusahaan saling berhubungan dengan sistem keuangan. Anda dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai bentuk, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkukasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya. Kesimpulannya, sistem ini bikin pengusaha makin praktis banget.

i3 (Manajemen Persediaan/Inventory Management)
Model ini sesuai untuk perusahaan di bidang pengadaan barang ataupun penjualan produk (bisnis ritel). Sistem yang disediakan memungkinkan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Anda dapat memeriksa inventaris terbaru secara real time tanpa manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan, dan sistem pemesanan, memonitor sistem penjualan dan menjamin kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi atau lebel manajerial. Sehingga kinerja tetap berjalan dengan baik.

i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)
Model i5 ini cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Sistem ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi. Dengan kata lain, pemilik perusahaan dapat dengan mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)
Model sistem ERP i7 ini menyuguhkan fitur-fitur fungsi manajemen yang lebih lengkap dan konprehensif. Cocok digunakan untuk perusahaan manufaktur berskala besar yang mempunyai data MPS (Master Production Schedule) untuk produksi jangka panjang/pendek dan memiliki BOM (Bill of Material).
i-Series SystemEver: i7 Manajemen Pabrik


Alhamdulillah, lengkap sudah sharing kali ini mengenai Software Cloud Erp Terbaik: SystemEver Indonesia. Untuk info lengkap lainnya teman-teman bisa mengakses Official site di https://systemever.co.id/ untuk mendapatkan beragam informasi Sorfware Cloud ERP Terbaik dan sudah banyak di rekomendasikan.


Related Posts

19 komentar

  1. ERP ini penting sekali untuk sebuah perusahaan besar agar kinerja tiap bagian tetap terkoordinasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fatida: iya Kak, memudahkan koordinasi dengan sistem terpadu.

      Hapus
  2. Wah, pengelolaan perusahaan memggunakan sistem Cloud ERP ini bagus sekali ya untuk memajukan kinerja dan pendapatannya. Begitu juga bisnis ritel, UMKM tentu sebaiknya mempelajari dan menggunakan sistem ini supaya lebih praktis dan berkesinambungN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nurul: benar Kak, makannya kami sebagai UMKM selalu belajar agar bisa berkembang

      Hapus
  3. UMKM memang tulang punggung ekonomi nasional. Selayaknya mereka diajak 'naik kelas' dengan mengikuti perkembangan industri 4.0.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mutia: dan alhamdulillah sekarang pemerintah sudah sadari akan hal itu, jadi UMKM bisa lebih diperhatikan

      Hapus
  4. Kecanggihan teknologi wajib diikuti semua pelaku usaha ya, termasuk ukm..
    Agar mereka bisa tetap berkembang di era industri 4.0 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dee_arif: benar sekali kak, jika tidak akan digerus oleh jaman

      Hapus
  5. Wah jadi terkenang-kenang.
    Sekarang namanya ERP ya?
    Sewaktu ngantor dulu selain megang accounting, saya juga chief di electronic data processing tentu saja belum secanggih sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Maria: wah orang keren nih,
      Ditulis donk Kak pengalaman nya saat jadi chief, pasti seru deh

      Hapus
  6. Saya dulu tahunya ERP ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Alhamdulillah ya, kini UMKM pun bisa menggunakan ERP untuk pengelolaan usahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nanik:K UMKM menunjukkan hasil yang signifikan, jadi layanan jasa sistem ERP pun juga berlomba untuk melayani lebih banyak perusahaan, termasuk ke ranah UMKM.

      Hapus
  7. Kalo untuk perusahaan skala besar, menggunakan sistem ERP ini hukumnya wajib. Karena adanya digitalisasi semua proses dari pekerjaannya, dan tentu nantinya terkoneksi dengan sistem audit. Membayangkan bila tidak memakai sistem ERP ini, betapa repotnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hidayah: Benar Kak,dan hari ini UMKM juga memakai sistem cloud ERP ini, berarti pada naik kelas ya.

      Hapus
  8. Semoga mudah diakses dan digunakan oleh UMKM ya, biar usahanya bisa lebih berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Triani: biasanya pasti ada support sistem nya, jadi aman Walaupun pemula atau manula tetap bisa memakai nya.

      Hapus
  9. Pernah lihat iklannya nih di salah satu aplikasi nonton drakor, menarik banget ya, Software ERP (Enterprise Resource Planning) ini. Tfs Mas

    BalasHapus
  10. Sangat efisien dan simple Software Sistem Cloud ERP ini untuk UKM, karena bisa sekaligus juga ada fitur HR selain mengenai transaksi keuangan.

    BalasHapus
  11. Banyak sekali kelebihan dari systemever yaa. Selain terpercaya, harganya itu juga menjadi salah satu pertimbangan yang begitu penting..

    BalasHapus

Posting Komentar