Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Friday, April 10, 2020

Intip Kesungguhan Komitmen Lingkungan Danone - AQUA

Inovasi Baru: Botol Plastik Daur Ulang

Sampah plastik saat ini menjadi sorotan serius oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak sampah plastik yang ada di Indonesia saat ini ada pada tahap yang sangat memprihatinkan. Baik di daratan maupun di perairan sampah plastik menumpuk dan mengganggu ekosistem yang ada.

Salah satu pihak yang sangat serius menangani masalah ini adalah Danone – Aqua. Perusahaan air mineral ini memiliki misi yang kuat dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik. Hal ini dituangkan dalam komitmen menjadi pelopor penyelesaian sampah plastik di Indonesia sejak tahun 2018. komitmen bijak plastik ini dituangkan secara teknik ke dalam tiga komponen, yaitu :

1. Pengumpulan Sampah Plastik
Komitmen ini sudah dimulai dari tahun 1993. Dengan ditetapkannya target pengumpulan sampah plastik lebih banyak dari pada yang telah digunakan Aqua pada tahun 2025 mendatang. Program ini dilakukan dengan membuat kantung-kantung bisnis berbasisi pengelolaan sampah di berbagai kota besar di Indonesia. Tercatat Jakarta, Bandung, Lombok dan Bali telah memulai program ini. Hampir 12.000 ton sampah plastik per tahun dapat terserap dengan program ini.

2. Edukasi
Akar masalah meningkatnya sampah plastik di Indonesia salah satunya karena kurangnya kesadaran masyarakat akan perlakukan sampah plastik sehingga dibuang sembarangan. Oleh karena itulah Aqua melakukan program edukasi yang bekerja sama dengan berbagai pihak. Seperti lembaga pendidikan, komunitas penyelam, dan juga pihak kreator video.

3. Inonasi
langkah jitu lainnya yang dilakukan pada program ini adalah melakukan berbagai inovasi. Target yang ingin dicapai dari inovasi ini adalah seluruh kemasan Aqua dapat di daur ulang pada tahun 2025. selain dari itu Aqua menargetkan untuk menggunakan bahan baku daur ulang dengan jumlah porsi lebih banyak. Program ini dilaksanakan dengan cara turut sertanya Aqua dalam riset teknologi yang kelak dapat digunakan untuk mencapai target tersebut.

Dengan komitmen tersebut diharapkan jumlah sampah plastik yang ada di Indonesia dapat berkurang bahkan terkelola serunya dengan baik. Sehingga hidup sehat Aqua dapat tercapai dengan baik. 

Lengkap sudah artikel Intip Kesungguhan Komitmen Lingkungan Danone - AQUA, bagaimana menurut teman-teman? Mari diskusi di kolom komentar dibawah ini.

Semoga Bermanfaat.

10 comments:

komitmen aqua dalam menjaga lingkungan patut diapresiasi, dari hal pengumpulan sampah plastik misalnya. semoga tetap konsisten dengan peduli lingkungan.

Untuk AMDK memang jadi catatan khusus sih ya, karena masih pakai kemasan plastik. Salah satu sumber sampah plastik juga kan. Mungkin kalau ada solusi lain ya buat kemasan. Pakai tetrapack kemahalan kali ya?

Wah semoga komitmen aqua dalam menjaga lingkungan berkesinambungan ya

Di kampungku ada bank sampah dan kerjasama juga dengan pihak Danone ini untuk pengumpulan sampah plastik, khususnya kemasan air mineral punya mereka.

Wah mantaps nih semoga banyak yang mengikuti ya mba jadi inspirasi bagi perusahaan lain..

Sebetulnya solusinya mudah , wajibkan masyarakat memilah sampah seperti di negara lain
Di Indonesia, kepala daerah sekelas bu Rismapun memble

Inovasi dari Aqua selalu menjadi inspirasi bagi kita, untuk bisa memperhatikan lingkungan agar bumi tetep lestari

Ini yg disebut 3P (Profit, People dan Plannet), tak sekadar mengejar profit semata

Saya termasuk yang wow sekali dari Aquq ini. Termasuk kampanye pengumpulan sampah botol plastik yang Aqua gerakkan bersama dengan Grab untuk pengumpulannya. Bangga. Semoga cita cita baik Aqua untuk lingkungan hidup terus terjaga.

Sampah ini emang sudah menjadi masalah klasik yang harus segera diatasi, semoga dengan adanya aksi ini Indonesia bisa lebih baik dalam penanggulangan sampah plastik

Post a Comment