Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Wednesday, November 27, 2019

12. Persiapan Ibu Hamil di Detik-Detik Kelahiran Bayinya

Ilustrasi Ibu Hamil (pic. freepik.com)

Memasuki usia kehamilan yang sudah bukan muda lagi memang menjadi momen-momen ibu hamil untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kelahiran sang bayi yang telah dinanti-nanti. Terkadang bayi lahir tidak tepat pada perkiraan hari lahirnya. Bayi bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat dari perkiraan lahir yang biasanya ditentukan saat minggu-minggu akhir menjelang persalinan.

Perkembangan Janin di Minggu-Minggu Akhir

Sebelum memasuki usia kehamilan kehamilan 37 minggu, ibu hamil disarankan untuk menyelesaikan segala persiapan untuk kelahiran bayinya, mulai dari keuangan, transportasi dan yang lainnya. Di usia ini, janin telah mengalami perkembangan yang sempurna dan dianggap cuku untuk dilahirkan. Berat janin 37 minggu adalah sekitar 2,8 kilogram dengan panjang 48 cm.

Kepala bayi pada usia ini telah tumbuh mencapai 2,5 cm meski tidak semua bayi memiliki rambut. Sedangkan pada usia kehamilan memasuki 39 bulan, bayi dapat lahir kapan saja. Dibandingkan dengan berat janin 31 minggu, berat janin di usia 37 ke atas bertambah meningkat. Bayi yang lahir di minggu ini diperkirakan memiliki berat sekitar 3,3 kilogram dengan panjang badan sekitar 50 cm.
Meluruhnya lapisan vernix caseosa yang melindungi kulit bayi menjadikan cairan ketuban yang tadinya bening menjadi lebih keruh. Paru-paru bayi di usia ini juga lebih banyak menghasilkan surfaktan yang membuat kantung kecil membuka sebagai tanda telah siap menghirup udara pertamanya ketika dilahirkan.

Persiapan yang Dilakukan

Mengingat berat janin 37 minggu merupakan perkembangan yang dianggap cukup untuk bayi dilahirkan, maka akan lebih baik jika pasangan suami istri mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sebelum minggu tersebut. Calon ayah dapat mengatur keuangan yang akan digunakan saat persalinan, mulai dari uang transport, biaya persalinan, dan biaya yang lainnya.

Penting untuk ibu hamil untuk mempersiapkan mental. Jangan terlalu banyak pikiran, karena dapat berdampak pada bayi dalam kandungan. Sebisa mungkin untuk ibu hamil merasa rileks dan tenang, serta tidak gugup dan cemas menjelang persalinannya. Calon ayah harus bisa menjaga perasaan ibu hamil agar ia merasa siap lahir dan batin.

Lengkap sudah artikel "12. Persiapan Ibu Hamil di Detik-Detik Kelahiran Bayinya", semoga bermanfaat dan jangan lupa share agar semakin banyak yang tahu infpo penting ini.

0 comments:

Post a Comment