Inagurasi Boiler Biomassa Danone Indonesia, Ubah Sekam Padi Menjadi Energi

4 komentar

Alhamdulillah, saya merasa beruntung bisa hadir di webinar Inagurasi Boiler Biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di Jawa Tengah pada 15 Juni 2022. Karena tidak hanya menyaksikan seremonial peresmian operasional Boiler Biomassa di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia, para peserta undangan juga bisa menyaksikan bagaimana boiler ini bekerja hingga menghasilkan energi untuk operasional pabrik PT Sarihusada melalui video yang diputar saat acara tersebut.

Inagurasi Boiler Biomassa Danone Indonesia, Ubah Sekam Padi Menjadi Energi


Pabrik Prambanan merupakan kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, bagian dari Danone SN Indonesia. Untuk pembangunan boiler biomassa, Danone bekerja sama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS), penyedia layanan energi terbarukan di Asia.


Langkah ini komitmen Danone untuk turut memitigasi perubahan iklim melalui penggunaan teknologi ramah lingkungan. Sekam padi untuk bahan baku boiler adalah limbah pertanian yang didapat dari lahan pertanian sekitar pabrik dan lahan lain di Jateng.


Boiler memanfaatkan sekam padi sebanyak 10.500 ton/tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 ton steam per jam. Ini adalah yang pertama di Jateng, berkontribusi untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian serta meningkatkan produktivitas pertanian.


Boiler ini di klaim mampu menekan emisi karbon sebesar 8.300 ton CO2, yaitu setara dengan emisi karbon yang diserap melalui penanaman 120 ribu pohon.


Inagurasi Boiler Biomassa Danone Indonesia, Ubah Sekam Padi Menjadi Energi”

Dihadiri Orang-orang Besar

Hadir dalam Seremonial Peresmian Boiler Biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di Jawa Tengah ini:


1. Bapak Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili sekaligus membacakan sambutan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah


2. Ibu Vera Galuh Sugijanto Vice President General Secretary Danone Indonesia


3. Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS 


4. Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM


Mengutip statement Hannu Ikavalko, Chief Operating Officer BECIS.

“Sebagai penyedia layanan solusi energi terbarukan, BECIS percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara berkelanjutan. Pada kesempatan ini, BECIS sangat antusias karena dapat mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam pemanfaatan energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini”


Sedangkan dari pemerintahan, Bapak Sumarno selaku perwakilan Gubernur Jawa Tengah membacakan sambutan mewakili Pemprov.

“Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi insiatif dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dimana saat ini Energi Baru Terbarukan menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia. Saat ini sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga menimplementasikan konsep Circular Economy. Kami berharap inisiatif ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia.”


Menurut Pak Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM.

"Ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025. Semoga dapat menjadi contoh bagi badan usaha lain utk secara masif mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan."


Dari Ibu Vera Galuh Sugijanto Vice President General Secretary Danone Indonesia.

“Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan. Oleh karenanya mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat.”


Inagurasi Boiler Biomassa Danone Indonesia, Ubah Sekam Padi Menjadi Energi”

Penutup

Tentu semua ini adalah sebuah terobosan yang sangat baik dan harus didukung oleh banyak pihak. Karena bagaimanapun dengan hadirnya biomassa boiler ini menjadikan salah satu solusi bahwa ada energi alternatif yang bisa menjadi harapan bersama. Dan tidak menutup kemungkinan akan memicu ide-ide berikutnya untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan terkait solusi energi yang ramah akan alam. Great Job.


Lengkap sudah artikel tentang “Inagurasi Boiler Biomassa Danone Indonesia, Ubah Sekam Padi Menjadi Energi”, jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi bisa drop komentar dibawah.

Semoga Bermanfaat.


Related Posts

4 komentar

  1. I AM REALLY LOOKING FORWARD TO READ MORE ABOUT THIS.

    BalasHapus
  2. Having read this I thought it was really informative.

    BalasHapus
  3. The clearness for your put up is just cool and i can suppose you’re knowledgeable on this subject.

    BalasHapus
  4. I definitely loved every little bit of it.

    BalasHapus

Posting Komentar