Kuliah Fullstack Developer 4 Tahun diringkas dalam 4 Bulan? RECOMENDED!

2 komentar

Disclaimer: di dalam artikel ini adalah opini, pendapat pribadi yang saya rasakan setelah mengikuti Program Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Javascript Immersive. Tidak ada maksud untuk menyinggung pihak manapun, harap maklum jika ada kesamaan kejadiaan yang tidak disengaja. Mohon jangan baper ya. :P

Filosifi Pembelajaran

Belajar itu tak seharusnya terbatas pada ruang dan waktu, yaitu ruang kelas dan batasan waktu tertentu dalam hitungan tahun. Bahkan bagi sebagian orang belajar itu dari lahir sampai liang lahat, artinya belajar adalah seumur hidup. Karena setiap waktu apapun bisa berubah sesuai kondisi pada masanya. Jika kita tidak belajar maka akan tertinggal oleh perubahan jaman. Jadi ingat, pengalaman kuliah selama bertahun-tahun ternyata tidak menjadikan saya ahli pada jurusan yang saya pilih, S1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif. Bahkan saat praktikum kuliah lapangan (PKL) di bengkel, kemampuan praktis yang saya dapatkan selama 3 tahun di kampus kalah telak oleh Pekerja Bengkel yang hanya lulusan SMP. Maka dari pengalaman ini saya mencoba menyimpulkan bahwa, jika kita ingin mumpuni disebuah bidang tertentu, kuliah bukanlah jawaban. Lalu? Ya, Kursus, Training, Bootcamp, Magang, dan yang sejenis adalah jawaban jika kita ingin menjadi mumpuni dibidang tertentu. Namun kemudian, apakah Kuliah itu salah? Tentu tidak, karena ada banyak pengalaman Sosial yang (bisa saja) tidak akan saya dapatkan dari tempat lain selain di Kampus.

Belajar programming untuk pemula
Kesulitan: Terjadi kesalahan saat melakukan Git di VS Code

Dari Mechanical Engineering Belajar Coding

Benar adanya jika pengalaman dan lingkungan bisa menjadi faktor pembentuk seseorang, setelah semester akhir masa kuliah saya mencoba untuk bekerja paruh waktu di sebuah Warnet (Warung Internet). Dimana pada waktu itu belum tenar Wifi, koneksi internet masih premium, jadi warnet menjadi harapan bagi banyak siswa dan mahasiswa yang mencari referensi di Internet. Singkat cerita, saya mulai mengenal dunia Blogging dan mencoba “membengkel” tampilan Blog saya menjadi Unik dan Beda dari blog sejenis. Dari situ saya mulai kenal dunia Coding berupa HTML dan CSS. Sambil kerja menjaga warnet, saya menghabiskan banyak waktu untuk melakukan “coding buta”, karena tidak ada dasar ilmunya. Cari referensi sana sini, lihat source code (ctrl+u) dari website / blog orang lain dan kemudian mengaplikasikan ke blog sendiri. Puas, bagi saya yang sebelumnya tidak mengenal apa itu kode-kode antah barantah, menjadi faham/hafal beberapa kode tanpa harus melihat chart code karena saking seringnya bermain dengan dunia coding.

Baca juga: Rekomendasi Game Edukasi

Belajar Coding di Bootcamp Kursus Full Stack Developer

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Sekolah Coding dalam Program Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Javascript Immersive. Sudah selayaknya saya menulis Review Hacktiv8 sebagai tempat belajar programming untuk pemula yang recomended. Selama 5 hari kami para peserta Bootcamp “dihajar” habis-habisan oleh para Mentor dar jam 8 pagi sampai jam 4 sore (tentu ada jam istirahatnya donk). Dan selesai kelas kami diberikan Tugas untuk dikumpulkan maksimal jam 8 keesokan harinya. Awalnya hampir dari semua peserta kepala-nya sampai “berasap”, haha kidding, karena kami diberikan materi dasar-dasar coding benar-benar mula dari Nol. Dimulai dari materi HTML, CSS, dan Javascript, dimana semua tugas-tugas harus dikerjakan secara Individu. Hal ini ditujukan agar masing-masing dari peserta memiliki rasa tanggung jawab atas tugas yang diberikan. Selain itu juga untuk kepentingan diri sendiri kelak di akhir kelas agar bisa melakukan coding tanpa tergantung dengan orang lain. Dilanjutkan dengan tugas mengerjakan project kelompok, membangun sebuah Website bersama-sama dengan Tema sesuai kesepakatan masing-masing kelompok. Untuk itu kami diperkenalkan dengan Github.com sebagai media yang bisa menjembatani Project bersama ini. Dan juga diajarkan untuk men-deploy hasil coding kami di Github.io (sebagai hosting otomatis setiap kita mengerjakan Coding di Github.com)
Kursus Full Stack Developer
Senyum Bahagia para Peserta dan Instruktur Hacktiv8

Serunya Belajar Coding di Hacktiv8

Dari semua pengalaman yang saya alami dalam belajar programming untuk pemula di Bootcamp, saya menjadi faham kenapa Hacktiv8 memiliki rating 4.89/5.00. Menjadi nomer #1 Coding Bootcamp Terbaik di Jakarta berdasarkan Penilaian Course Report. Karena apa yang kami terima didalam bootcamp ini kata Kak Seven, salah satu Mentor di Hacktiv8, adalah hanya 60% dari materi dan tugas kelas Reguler. Bisa kebayang donk betapa “berasap”nya para peserta kelas? Itu sih bayangan kami yang hanya mengikuti kelas non reguler ini. Karena semakin berasap semakin mumpuni mamahami setiap materi yang diberikan oleh para mentor. Apalagi disetiap kelas apapun yang diambil di Hactiv8 selalu ada sesi Engineering Empahty yang berperan membentuk setiap siswa untuk memiliki Growth Mindset yang berguna untuk perkembangan karir di masa depan. Nyatanya para Alumni Hacktiv8 memiliki gaji rata-rata sebesar 9 juta rupiah setelah lulus, itu artinya dengan Kurikulum yang rapi dan pembelajaran Reguler peserta akan semakin faham dan mumpuni dibidang coding. Lumrah jika mereka bekerja dengan gaji diatas rata-rata. Apalagi Hacktiv8 memiliki lebih dari 350+ Hiring Partners (perusahaan rekanan) yang siap merekrut lulusan Hacktiv8 di setiap bulannya. Apalagi Hacktiv8 sudah tergabung dalam CIRR Member, yaitu mengedepankan transparansi dan coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam CIRR (The Council on Integrity in Results Reporting).

Hasil Belajar Coding Saya di Program Bootcamp Full Stack Immersive Hacktiv8

Tidak ada bukti sama aja dengan Hoax donk, apa sih hasil belajar selama 5 hari dalam Program Bootcamp Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8?

Tugas Pribadi

Untuk tugas pribadi kami para peserta diminta untuk menyelesaikan sebuah Website yang Error. Disana terdapat 6 case yang harus di-solve. 1. Link css bootstrap masih salah 2. Memperbaiki judul/heading 3. Image masih error (tidak tampil) 4. Fungsi javascrip belum ada 5. Harus bisa scroll di list comment 6. Di kotak comment harus ada tulisan “add a comment …”
Review Hacktiv8
Website hasil Tugas Pribadi

Dan berikut adalah screen capture hasil belajar saya, jika teman-teman ingin melihat secara Live dan mencoba mengisi komentar, bisa klik laman web: https://alixwijaya.github.io/hacktivgram/ Bahkan saya jadi bisa memasukkannya kedalam Web Blogspot seperti sebuah Landing Page, silahkan klik laman ini untuk mengaksesnya: https://hacktivgram.blogspot.com/ Bagaimana? Keren Sekali kan!

Tugas Kelompok

Alhamdulillah, saya terpilih menjadi anggota kelompok 1 dalam project tugas kelompok, dan kami sepakat untuk memilih tema Medicine. Jadi membuat sebuah website Konsultasi Dokter yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan Booking Schedule dengan dokter pilihan masing-masing. Pada laman web kami juga dapat menyebut nama calon pasien menampilkan hasil dokter dan jadwal yang sudah dipilih. Btw, karena ini hanya untuk contoh, maka kami membuat Konsep Medicine Website dengan nama Dokter Cinta 100%.

Alix Wijaya Presentasi Website Dokter Cinta
Cetar Membahana: Presentasi Website Dokter Cinta kepada Instruktur

Dan #TahuGakSih? Website garapan kelompok kami terpilih menjadi Website Favorit #1 dari 4 kelompok yang ada dalam kelas Bootcamp. Sesuatu banget kan? Terima kasih atas keja samanya Kak Arif, Kak Jihan, Kak Hani, dan Kak Rani.


Terpilih Juara #1 Websiter ter-Favorit

Yup, silahkan akses secara Live web kelompok kami di:

Penutup

Melihat hasil dari pelatihan selama 5 hari saja saya benar-benar faham bagaimana membuat Website sederhana dari Nol. Bagaimana jika kamu ikut kelas Coding Bootcamp Terbaik secara Reguler selama 36 minggu dan menjadi sangat mumpuni? Bisa jadi ini adalah Jalan Ninja buat kamu yang ingin dengan cepat menjadi Full Stack Developer. So? Langsung aja klik laman Belajar Programing untuk Pemula dan mendaftar, dan untuk kemudian bersiaplah diterima bekerja dengan Gaji diatas rata-rata seperti yang selama ini kalian harapkan. Lengkap sudah artikel Review Hacktiv8 tentang “Kuliah Fullstack Developer 4 Tahun diringkas dalam 4 Bulan? RECOMENDED!”. Semoga Bermanfaat.
Sekolah coding
Testimoni Alumni Batch 8 Bootcamp Hactiv8

Referensi Artikel Menarik: Cerita Rizqi Zulfian, Lulusan SMK yang Sukses Jadi Programmer Setelah Masuk Sekolah Coding Hacktiv8

Klik: https://blog.hacktiv8.com/cerita-rizqi-zulfian-lulusan-smk-yang-sukses-jadi-programmer-setelah-masuk-hacktiv8/

Related Posts

2 komentar

  1. Thanks for sharing this with so much of detailed information, its much more to learn from your article. Keep sharing such good stuff.
    Divorce lawyers New Jersey
    New Jersey uncontested divorce papers

    BalasHapus
  2. The article discusses the Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Javascript Immersive program, focusing on learning coding from work experience in the web and blogging. It covers topics such as HTML, CSS, and JavaScript, with a focus on individual and group projects using Github as a platform. The article also highlights the importance of Engineering Empathy in fostering a growth mindset and passion for learning. The Bootcamp has received high ratings and is considered a best course in Jakarta. Students have a 9-year graduation rate, with over 350 hiring partners and a CIRR (The Council on Integrity in Results Reporting) rating. The article encourages students to take the Coding Bootcamp course as a quick path to becoming a Full Stack Developer. It also highlights the importance of personal experience and the potential of the program. The article concludes that while the Bootcamp program offers intense learning and skills, individual preferences and goals should be considered when choosing a specific education course. abogado inmobiliario

    BalasHapus

Posting Komentar