Mau Langganan Artikel Blog ini via Email?

Masukkan email Anda dibawah ini:

Delivered by FeedBurner

Sunday, March 1, 2020

RAHASIA MESIN MOTOR BANDEL! FASTRON AND ENDURO XPERIENCE

Motor Thunder 2008 Kesayangan

Motor Thunder saya ini sudah berusia 11 tahun, artinya sudah menemani sejak awal usia pernikahan kami di akhir tahun 2008. Suka dan duka kami lalui bersama.

Motor dengan usia yang cukup tua untuk jenis kendaraan, membuat sering kali harus chek up mesin agar tarikan motor tetap stabil. Dan mesin motor yang stabil dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

1. Pembakaran yang Sempurna.
Ini terkait dengan BBM dan performa Karburator sebagai manajer bahan bakar. Kualitas BBM yang bagus dan setelan Karburator yang pas akan membuat pembakaran sempurna dan berimbas pada kelancaran laju motor.

2. Setelan Mesin dan Pelumas yang Tepat.
Setelah BBM dikelola karburator dan menuju ruang bakar, maka setelan Klep / Katup harus bagus dan dipastikan tidak ada kebocoran. Dan semua komponen dalam mesin (yang notabene berbahan logam campuran besi dan baja), tanpa adanya pelumas yang baik juga tidak akan mampu bekerja dengan maksimal.

Enduro 4T Racing
Saya pun memutuskan untuk memilih produk Pertamina yang terbukti jaminan mutu nya. Enduro 4T Racing SAE 10W-40 menjadi pilihan, karena produk ini sudah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip kopling dan sudah banyak yang Buktikan ketangguhan Enduro.

Dikutip dari detik.com
"Secara teknis pelumas Enduro keunggulannya yang manual itu anti slip kopling. Kalau manual kan pakai kopling basah, artinya ia terendam oli," tutur Brand Small Engine Oil Manager PT Pertamina Lubricants, Totok Subagyo, di Rumah Maroko, Jakarta.
"Nah itu teruji JASO kalau oli kami anti slip termasuk kecepatan tinggi, kalau racing tarikannya enteng," lanjut Totok.

Serangkaian tes pun telah dilakukan untuk menguji keandalan oli ini. Mulai dari turing jarak jauh dan juga kurun waktu tertentu.
"Pelumas Enduro apapun sudah diuji melalui uji jalan dua kali turing dulu pernah dari Jakarta ke Bali, ke Jakarta lagi, lebih dari 3.000 km. Turing kedua dari Medab ke Jakarta, ke Bali, 5000 km. Ini teruji secara kualitas," jelas Totok.

Melihat penjelasan Pak Totok tersebut, saya merasa keputusan saya untuk memakai oli Enduro 4T Racing ini sangatlah tepat. dan dengan kekentalan tersebut membuat mesin saya yang sudah berusia tua menjadi lebih halus dan tetap terjaga.

Soal harga oli motor Enduro 4T cukup terjangkau, di Malang (Jawa timur) harganya Rp. 42.000, mungkin ada selisih perbedaan dengan kota lain, terutama di luar pulau Jawa. Namun bagi saya peibadi soal harga bukan masalah jika produk tersebut memang bagus dan menjadikan performa mesin kita juga lebih bagus.

Btw, saya juga membuat sebuah video saat ganti oli kemarin,

Silahkan menonton tersebut dan tinggalkan komentar teman-teman baik di artikel blog ini ataupun di youtube video saya, jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan.

Semoga bermanfaat.

#pertaminalubricants
#fastronenduroxperience


0 comments:

Post a Comment