Dongeng Kemerdekaan 2023: Menanamkan Kejujuran untuk Generasi Penerus Bangsa Indonesia

Posting Komentar

Assalamualaikum,

Masih semangat donk semuanya?? Alhamdulillah.

Kali ini Kak Ale akan share sebuah cerita singkat atau dongeng yang bertema Tentang Kemerdekaan untuk tahun Kemerdekaan yang ke 78 pada 17 Agustus 2023. Yuk disimak baik-baik.

Dongeng Kemerdekaan 2023: Menanamkan Kejujuran untuk Generasi Penerus Bangsa Indonesia
Kak Ale bersama Anak-anak Hebat Indonesia


Judul Dongeng Kemerdekaan 2023: "Menanamkan Kejujuran untuk Generasi Penerus Bangsa Indonesia"

Alkisah, di sebuah persiapan kemerdekaan, maka Walikota memberikan challenge kepada anak-anak sekolah agar menanam bunga matahari.

Barang siapa yang berhasil menumbuhkan Bunga tersebut akan diberikan Hadiah yang banyak dan akan diberikan saat peringatan kemerdekaan yang kurang 1 bulan lagi.

Tentu tidak semua anak bisa ikut tantangan ini, karena ada test awal sebelumnya, hingga akhirnya terpilihlah hanya 3 anak yang beruntung mengikuti challenge walikota ini.

Namanya: Dewa, Nusa dan Rizqi.

Walikota pun memberikan masing-masing biji benih bunga matahari. Dan mereka bertiga pulang dengan semangat dan menanamnya pada keesokan pagi nya.

Anehnya, setelah 1 Minggu dan 2 Minggu berlalu, biji bunga matahari tersebut tidak ada yang tumbuh satu pun.

Lalu Dewa berfikir bagaimana harus menang, jadi karena Dewa adalah anak orang kaya, maka dia pergi ke pasar bunga dan membeli bunga matahari.

Sedangkan Nusa malah pergi ke rumah kakeknya dan meminta bunga matahari dari kebun Kakek, berharap akan menang juga karena berhasil menumbuhkan Bunga tersebut.

Tidak dengan Rizqi, dia menangis dan meratapi biji Bunga nya yang tidak tumbuh-tumbuh.

Lalu ayahnya menghampiri dan menenangkan nya, Rizqi pun sempat melontarkan ide ke ayahnya bahwa ingin beli saja atau minta ke rumah tetangga nya.

Tapi sang ayah ayah menyarankan untuk menyampaikan secara jujur saja kepada walikota, bahwasanya biji bunganya sudah ditanam seperti umumnya disirami bahkan dipupuk dan juga dirawat tapi memang biji tersebut tidak bisa tumbuh.

Disini sang Ayah mengajarkan pentingnya kejujuran, dan rasa bebas alias merdeka dari rasa takut untuk berani gagal asalkan jujur, bukan berbuat curang untuk demi menang.

Hingga akhirnya waktu tiba, Pak Walikota mengecek semua bunga, dan memuji indahnya bunga matahari milik Dewa dan Nusa. Mereka berdua juga dengan bangga bercerita kalau itu usaha mereka karena merawat dengan baik Bunga tersebut.

Sedangkan Rizqi yang dalam kondisi tidak PD, berkata jujur atas semua yang dilakukan dan menyampaikan maaf karena tidak berhasil menjadikan bunga matahari tumbuh seperti dua temannya. Walikota tersenyum dan mengatakan "Kamu hebat Rizqi, terima kasih atas kejujuran kamu".


Dan tibalah saatnya pengumuman

Walikota mengumumkan Ternyata juara nya adalah....

RIZQI!!

Saat mendengar itu semua orang kaget. Begitu juga dengan Dewa dan Nusa yang super kaget dan bertanya-tanya. "Kenapa yang tidak tumbuh malah menang? Bukannya yang berhasil menumbuhkan Bunga matahari yang bakal dapat hadiah?"

Walikota pun menjelaskan bahwa biji bunga matahari yang dibagikan kepada tiga anak tersebut adalah sebenarnya kuaci, yaitu biji bunga matahari yang sudah diolah menjadi makanan, Jadi tidak mungkin biji tersebut akan tumbuh jadi bunga.

Di sini Walikota menjelaskan bahwa pentingnya menanamkan sikap jujur dan tidak curang. Karena untuk membangun dan menjadikan negeri yang merdeka kita harus mempunyai sifat Jujur.

Anak-anak hebat dan para hadirin, yuk senantiasa kita menanamkan kejujuran dan sportivitas kepada anak-anak dan kita semua.

Semoga sedikit pengingat akan pentingnya kejujuran ini menjadikan para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia ini bangga, bahwa masih ada generasi penerus bangsa yang siap membela tanah air nya dengan jujur dan berani.

~ ~ ~ cerita selesai ~ ~ ~

Nah biar makin semangat,

Yuk semuanya saja, kalau kak Ale bilang:

"Anak Indonesia!!!!"

Semua jawab, "Berani, Jujur, Hebat!"


Kita ulangi ya yang lebih semangat dan bersama-sama:

"Anak Indonesia!!!!"

Semua jawab, "Berani, Jujur, Hebat!"

Oke semuanya tepuk tangan untuk kita semua.

Semoga Bermanfaat.

Salam dari Kak Ale @PendongengMalang 


### untuk mengundang dan kerjasama dengan Kak Ale

Kontak Management via WA 0856-3544-862 (Bu Vivi)

Related Posts

Posting Komentar