Tetap Sehat dengan WFH, YouTuber Wannabe

30 komentar
Alix Wijaya © Assalamualaikum, semoga teman-teman semua senantiasa diberikan keberkahan dan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin. Kali ini saya akan share mengenai Topik Kekinian terkait Masa Pandemi Covid19 dengan sebuah Tips agar selalu produktif dengan tema "Tetap Sehat dengan WFH, YouTuber Wannabe".

Tetap Sehat dengan WFH, YouTuber Wannabe


Sebenarnya istilah Work from Home bagi kami bukanlah suatu hal yang asing, karena sebelum ada masa Pandemi ini kami juga sudah bekerja dari rumah. Bisnis dibidang fashion membuat kami terdampak oleh Covid19 ini, yang biasanya bulan Ramadhan adalah Masa Panen bagi kami, ternyata tidak kali ini. Untuk itu kami mencoba sesuatu yang berbeda, ya, kami menjadi YouTuber dengan konten masak-masak dan seputar wisata + kuliner.

Alhamdulillah dari aktivitas tersebut kami bisa mendapatkan banyak hal baru, diantaranya skill memasak, menu-menu baru yang semakin bertambah, profesionalisme dalam melakukan editing video, hingga melakukan optimasi channel agar bisa di monetisasi dan menghasilkan uang dari aktivitas tersebut.

Baca juga: Cara Memulai Menjadi YouTuber Sukses

Namun hal itu bukan jaminan untuk kami akan terbebas dari Virus Covid19 ini, karena pasti akan ada aktivitas dimana kami harus keluar rumah, seperti membeli sayuran dan bahan-bahan lain untuk dimasak dan dijadikan konten dalam channel kami. Tentu kita juga pernah melihat / membaca berita bahwa ada seorang ibu-ibu yang hanya dirumah saja dan bisa terkena Virus Covid19 juga. Artinya? Kita tidak bisa merasa bebas dari ancaman virus di masa Pandemi ini, untuk itu kita harus lebih faham tentang apa itu Corona, bagaimana Gejala nya dan apa yang harus dilakukan serta kapan kita harus konsultasi kepada dokter.

Pengertian Virus Corona

Coronavirus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Namun, beberapa jenis virus corona juga bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius, seperti: Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV), Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV), Dan Pneumonia.

Dalam sebuah data, SARS yang muncul pada November 2002 di Tiongkok, menyebar ke beberapa negara lain dan Epidemi SARS ini berakhir hingga pertengahan 2003 dan menjangkiti sebanyak 8.098 orang di berbagai negara, setidaknya ada 774 orang meninggal akibat penyakit ini

Saat ini juga tercatat ada tujuh (7) "Keluarga" coronavirus (HCoVs) yang telah diidentifikasi, yaitu:

1. HCoV-229E.
2. HCoV-OC43.
3. HCoV-NL63.
4. HCoV-HKU1.
5. SARS-COV (yang menyebabkan sindrom pernapasan akut).
6. MERS-COV (sindrom pernapasan Timur Tengah).
7. COVID-19 atau dikenal juga dengan Novel Coronavirus (menyebabkan wabah Pneumonia di kota Wuhan (Tiongkok) pada bulan Desember 2019, dan menyebar ke negara lainnya mulai Januari 2020. Sedangkan di Indonesia sendiri mengumumkan adanya kasus covid 19 mulai Maret 2020.

Infografis Kasus Covid19 di Indonesia


Bagaimana cara mencegah dan Kapan harus ke Dokter?
Memang belum ada cara yang pasti untuk mencegah virus Covid 19 ini, setidaknya 5 hal berikut bisa dilakukan agar kita lebih safe, yaitu:
1. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama hingga bersih.
2 Hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci.
3. Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit.
4. Jangan keluar rumah dalam keadaan sakit.
5. Kenakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan ketika mengalami gejala penyakit, terutama saluran pernapasan.

Selain 5 hal diatas kita juga bisa memperbanyak makan buah dan sayuran agar mendapatkan vitamin sebagai penguat sistem kekebalan tubuh.

Terus kapan Harus ke Dokter? Jika semua gejala-gejala infeksi virus corona atau COVID-19 juga tak kunjung membaik dalam hitungan hari, atau malah gejalanya semakin berkembang, segeralah tanyakan/konsultasi pada dokter. Dan tak perlu khawatir apalagi ribet-ribet, sekarang sudah Era 4.0, yaitu jaman teknologi informasi. Cukup install saja layanan Halodoc dan silahkan konsultasi di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena Diagnosis dan penanganan yang cepat dan tepat bisa meningkatkan peluang kesembuhan infeksi virus tersebut.

Btw, mengapa sih perlu bertanya dulu sebelum ke rumah sakit? Pertanyaan cerdas, karena keluar rumah di kala sakit bisa membuat keadaan menjadi lebih parah. Dengan memakai layanan konsultasi di Halodoc , setiap dokter yang ada di aplikasi Halodoc bisa memberikan diagnosis awal, kemudian bila memang diperlukan, bisa langsung melakukan rujukan ke rumah sakit untuk Layanan penanggulangan Virus Corona yang terdekat dengan tempat tinggalmu.

Semoga Bermanfaat dan Tetap Semangat.

Sumber referensi: https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus

Related Posts

30 komentar

  1. Aalo, waalaikumsalam..
    Alhamdulillah baik dan sehat sampe saat ini dan semoga seterusnya yaa.

    Bneeran nin app halodoc penting dan membantu banget buat konsul dikala sakit melanda. Semoga selalu sehat kita semua yaa, berharap babang corona pergi dengan cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nchie: Aamiin, iya kak, kita perlu konsultasi kepada profesional agar tepat penanganan nya

      Hapus
  2. Wa'alaikumsalam.

    MasyaAllah, peluang selalu ada ya, Kak. Fashion sepi, pindahlah ke Youtuber kuliner. Banyak di rumah aja nih bikin aku mulai otak-atik video editor juga. Tapi sekarang sebatas mengedit video tugas anak-anak sekolah, sih. Semoga bisa menular editing video untukku sendiri untuk dijadikan konten, hihihi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Melina: iya kak, ayo semangat buat konten dan menebar manfaat.

      Hapus
  3. Iya bener mendimg konsul online dulu lwt halodoc, krn untuk saat ini pasti rumah sakit lg penuh, jd halodoc memudahkan pasien dan dan dokter jg yaa... semoga pandemi corona ini segera berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Ristin: nah itu kak, konsultasi kepada ahlinya.
      Aamiin..

      Hapus
  4. Aku masi ga pede edit2 video buat YouTube. Boleh tuh mba ilmu2 nge-youtube dibagi juga di blog. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Syamaiah: dimulai aja dulu kak, dulu awalnya kami juga biasa aja dan semakin kesini semakin bagus karena sudah terbiasa.

      Hapus
  5. Semoga kita semua terhindar dari virus corona dengan cara selalu hidup sehat ya..

    BalasHapus
  6. Banyak hal yang bisa dijadikan bahan konten untuk youtube selama WFH ya.. lumayan juga jadi bisa apdet setiap hari... apalagi konten masak2.. cucok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Diane: iya kak, soalnya kalau konten kuliner keluar rumah malah beresiko :D

      Hapus
  7. solutif banget ya halodoc, sehingga masyarakat ngga harus ke dokter dan puskesmas lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Maria: benar sekali kak, semoga bermanfaat ya

      Hapus
  8. Benar ya, kalau memungkinkan tetap di rumah, mending di rumah dulu sambil cari informasi. Karena nggak semua penyakit juga butuh obat dan nggak setiap sakit harus ke dokter. Masalahnya, kadang kita sudah panik duluan kalau nggak ada tempat bertanya. Kalau ada Halodoc, semua jadi lebih mudah. Semoga pandemi ini segera berlalu ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Muyassaroh: Aamiin, iya kak, penting nya konsultasi kepada ahlinya

      Hapus
  9. Halodoc ini ngebantu banget. Aku kemarin beli obat pake ini. Mau keluar males, apalagi diapotek terdekat gak ada obat yang dicari. Eh pake halodoc ketemu apotek yang menyediakan obat tersebut. tinggal klik-klik, obatnya udah nyampe di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dyah: layanan yang dibutuhkan masyarakat saat ini, stay safe stay healthy

      Hapus
  10. Hindari kontak langsung yang yang sakit itu...susahnya kalau yang sakit itu OTG alias orang tanpa gejala :(
    Jadi lumayan parno kalo mesti keluar buat belanja karena orang-orang masih santuy aja. Di depan kasir pun masih gak mau jaga jarak 1 meter. Ngerasa udah pake masker = pasti udah aman :(

    BalasHapus
  11. Di era stay at home ini aplikasi kesehatan jadi pilihan banget ketika butuh ke dokter... Saya sebelumnya belum pernah coba app seperti halodoc dll, jadi ketagihan. Enak nanya nanya langsung ke ahlinya..

    BalasHapus
  12. Saya belum pede kalau jadi youtuber. Hehe ... Suami udah mulai punya akun sendiri sih di YouTube. Moga pandemi ini cepat berakhir dan Kita semua sehat selalu

    BalasHapus
  13. Nah, ini yang dibutuhkan, walau dari rumah aja tetap bisa konsultasi sama dokter. Meminimalisir kemungkinan terpapar virus

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam, semoga pandemi segera berlalu ya, sudah kangen dengan kegiatan antar jemput anak sekolah.
    Kalau aku belum pede sama Youtube, malah anak-anak yang suka bikin vlog.

    BalasHapus
  15. Seneng deh liat postingan teman-teman yang semakin produktif selama WFH tapi saya juga berharap semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala amin

    BalasHapus
  16. Makasih sharingnyaa mbak, saya termasuk yg was was gtu skarang kalau ke rumah sakit. Jd kalau saya mending tanya temen yg dokter terus minum imune booster atau suplemen/vitamin utk membentengi diri biar ttp sehat 😁

    BalasHapus
  17. wah halodoc memang membantu sekali ketika wfh, bisa konsultasi online dengan praktis :D

    BalasHapus
  18. Dengan perkembangan digital teknologi. Aplikasi kesehatan pun mudah di akses by smartphone, dan kian memudahkan seperti Halodoc ini
    semakin mempermudah untuk memeriksakan diri termasuk terkait Covid-19, mulai mengetahui kemungkinan paparan terhadap virus,sampai konsultasi juga ada

    BalasHapus
  19. Iyap biarpun di rumah lewat memakai layanan konsultasi di Halodoc , setiap dokter yang ada di aplikasi Halodoc bisa memberikan diagnosis awalya jd Kita lbih Tau apa yg hrs dilakukan

    BalasHapus
  20. adanya aplikasi kesehatan gini emang memudahkan banget ya mas, jadi ga perlu terlalu sering keluar rumah kita udah bisa konsultasi dengan pakarnya

    BalasHapus
  21. @Riski: benar kak, solusi banget untuk kondisi jaman now

    BalasHapus

Posting Komentar