Rekomendasi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan. Semen Juga Termasuk! Pilih Produk Berkualitas

4 komentar

Mendirikan sebuah bangunan itu sama halnya membangun sebuah usaha, yaitu perlu perencanaan yang matang dan perhitungan yang baik agar mengurangi terjadinya resiko. Nah, pada artikel kali ini saya ingin berbagi tips dan Rekomendasi Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan. Sehingga kita bisa menjadikan bangunan kita tidak sampai merugikan lingkungan sekitar.




Daftar Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan


Isu kerusakan lingkungan dan pemanasan global sudah ramai diperbincangkan sejak dulu, termasuk di Indonesia. Pada bidang properti isu ini juga sudah lama dibicarakan, sehingga sudah banyak orang yang beralih ke material bangunan yang lebih ramah lingkungan.


Material ramah lingkungan atau green property sebenarnya sudah lama digunakan oleh masyarakat di pedesaan. Dan kini banyak perancang bangunan yang mendesain sebuah rumah tetap elegan, mewah, dan moderen dengan menggunakan material bangunan tersebut.


Apa saja bahan bangunan yang green property? Berikut adalah beberapa daftarnya.


1. Bambu

Material ini sudah diketahui digunakan oleh masyarakat dunia sebagai bahan bangunan sejak ribuan tahun lalu. Bambu dikenal tahan lama serta lentur, membuatnya menjadi cukup terkenal di kalangan para arsitek.


Selain itu bambu juga memiliki bobot yang ringan yang tetap kokoh menahan beban serta ramah lingkungan. Yang menariknya, bambu merupakan material yang tahan terhadap gempa bumi.


2. Batang Jerami

Pada rumah tradisional batang jerami sudah sering digunakan sebagai bahan bangunan yang ramah lingkungan. Namun saat ini sudah ada banyak bangunan yang menggunakan bahan jerami, terutama untuk bagian dinding.


Jerami dikenal memiliki harga yang murah serta sangat mudah untuk ditemukan. Jerami juga memiliki manfaat baik bagi bagian dalam rumah. Seperti mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk serta bisa digunakan untuk meredam suara.


3. Hempcrete

Beton ternyata bisa dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah serata tanaman hempcrete. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan serat hempcrete dengan kapur dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah beton dengan bobot yang ringan.


Walau memiliki bobot yang ringan, namun beton berbahan hempcrete tetap mampu menahan beban yang berat. Tanaman hempcrete sendiri cukup mudah ditemukan di alam bebas. Jumlahnya saat ini cukup melimpah serta bisa dibudidayakan untuk kebutuhan yang berkelanjutan.




4. Semen Berkualitas

Tidak sembarangan dalam memilih semen adalah sebuah tindakan yang bagus, karenanya perlu melakukan cek dan ricek atas produk yang akan digunakan. 

Dan berikut adalah 3 Merk Semen Terbaik di Indonesia.


1. Semen SCG PCC 50 kg

Inovasi formula terbaru dari Semen SCG diformulasikan khusus agar sesuai untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan, memiliki tekstur semen yang lebih halus, rendah penyusutan

serta daya rekat tinggi sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu pengerjaan plesteran dan acian, Semen SCG juga sesuai untuk aplikasi beton, pasangan bata dan pekerjaan konstruksi lainnya.


2. Semen Gresik PCC 50Kg

Kualitas dari semen Gresik terbukti kokoh dan andal untuk setiap bangunan. Hal tersebut terbukti dari penggunaan semen Gresik dalam pembangunan berbagai landmark dan struktur monumental. Semen Gresik juga sudah mengantongi sertifikasi ISO 14001 sebagai tanda produk semen yang ramah lingkungan.


3. Semen Tigaroda PCC 50Kg

PCC (portland composite cement) digunakan untuk bangunan-bangunan pada umumnya, sama dengan penggunaan semen portland jenis I dengan kuat tekan yang sama. PCC mempunyai panas hidrasi yang lebih rendah selama proses pendinginan dibandingkan dengan semen portland jenis I, sehingga pengerjaannya akan lebih mudah dan menghasilkan permukaan beton atau plester yang lebih rapat dan lebih halus/


Untuk Semen Ramah Lingkungan saya bisa memberi rekomendasi Semen SCG PCC. Dimana saat ini SCG CBM menyediakan berbagai macam produk bangunan seperti, Semen, Bata Ringan, berbagai macam Beton Readymix, Beton Pracetak, Mortar hingga Beton Instan. Untuk mempertahankan kepemimpinannya, SCG CBM berfokus pada pengembangan inovasi untuk meningkatkan nilai produk dan layanan agar dapat secara efisien melayani kebutuhan pelanggan di Indonesia.


Semen SCG Portland Composite (PCC) dengan berat 50 Kg, memiliki daya ikat kuat dan rendah penyusutan. Dipergunakan untuk pemasangan batu bata, plesteran, acian dinding, serta aplikasi beton. Semen SCG kuat dan tahan lama.



Tips Memilih Semen yang Bagus


Secara unsur, Semen sendiri memiliki 4 unsur pokok, yaitu :

 

1. Batu kapur (Cao) sebagai sumber utama, yang terkadang terkotori oleh SiO2, Al2O3, dan Fe2O3

2. Tanah liat yang mengandung senyawa SiO2, Al2O3, dan Fe2O3

3. Pasir kwarsa/batu silika (ditambahkan apabila pada tanah liat sedikit mengandung SiO2)

4. Pasir besi (ditambahkan apabila tanah liat sedikit mengandung (Fe2O3) 


Penyedia Material Konstruksi yang Handal, Integratif & Variatif


Dikutip dari official web SCG, SCG ini didirikan pada tahun 1913 di Thailand, mengikuti keputusan Kerajaan, Yang Mulia Raja Rama VI untuk memproduksi semen sebagai bahan bangunan utama untuk pembangunan infrastruktur penting pada waktu itu. Sebagai salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, SCG terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.


SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan membuka kantor perdagangan yang terutama berfokus pada perdagangan dan riset pasar, dan secara bertahap memperluas investasi dalam bisnis yang beragam seperti PVC, ubin keramik, dan bergabung dengan mitra dalam bisnis bahan bangunan.


Pada 2011-2012, SCG secara intens berinvestasi dalam berbagai bisnis di Indonesia untuk mengejar visi perusahaan untuk menjadi pemimpin yang berkelanjutan di ASEAN. Saat ini, SCG memiliki sekitar 8,700 karyawan di Indonesia dan total 36 perusahaan di banyak industri termasuk Cement-Building Materials, Chemicals, dan Packaging.


Unit bisnis Cement-Building Materials (SCG CBM) adalah produsen, pemasok dan distributor semen dan bahan bangunan terkait, yang terintegrasi, handal, dan variatif. Selain itu, bisnis ini memiliki saluran distribusi kuat yang unik melalui jaringan dealer nasional dan bisnis ritelnya.


Lengkap sudah artikel tentang “Rekomendasi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan”, dan bisa jadi beberapa poin penting diatas bisa menjadikan kita lebih bijak dan mampu memilih produk yang bisa diandalkan.


Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Related Posts

4 komentar

  1. Thanks for sharing such a useful post.

    BalasHapus
  2. I have got much clear idea regarding from this piece of writing.

    BalasHapus
  3. Good blog. I appreciate you sharing with us. Such fascinating details.
    Dwi vs Dui

    BalasHapus
  4. Así mismo, no puedo ofrecer información específica en tiempo real acerca de abogados o servicios legales. Sugeriría buscar directorios en línea de abogados especializados en casos de DUI en el área de Prince William, Virginia. Además, puede hablar con la Asociación de Abogados local para obtener referencias profesionales en el campo. Recuerde que encontrar un abogado de DUI con experiencia y buena reputación es crucial para garantizar una representación adecuada.
    visitar sitio: Abogado dui prince william va






    BalasHapus

Posting Komentar