Sunday, September 8, 2013

Mudahnya Memulai Bisnis Online dengan Memaksimalkan Fungsi Blog

Fungsi Blog pada dewasa ini begitu banyak perubahannya.
Dulu saat awal2 saya mulai nge blog, (setahu saya) fungsi blog hanya untuk media curhat, menulis informasi, berita, dll. Lalu berkembang dengan adanya blog monetizing yang kebanyakan untuk meraup pundi2 Dolar $$$. Dan saat ini, blog mampu dimaksimalkan untuk mengangkat para pelaku bisnis kecil / UKM / UMKM, bahkan produk ibu rumah tangga (P-IRT) pun dapat dipasarkan melalui blog.


Tak ada yang salah dengan perubahan tersebut, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Mau menjadi penonton saja, ikut arus, atau menjadi pelaku aliran perubahan tersebut.

Saya menjadi seorang Blogger Panggilan (Baca: Pemateri) sejak awal tahun 2008. Pada awalnya hanya berbagi soal pengalaman blogging, seputar aktivitas dan manfaat yang didapat dari ngeblog itu sendiri. Pada pertengahan tahun 2008 mulai saya spesifikasikan kategori2nya, Blog untuk Pendidikan, Blog untuk Hoby, Blog untuk Kepenulisan, Hingga Blog untuk Bisnis. Mungkin yang terahir ini yang menarik untuk saya share.

Blog untuk Bisnis sudah saya ajarkan ke banyak peserta Diklat/Seminar/Workshop yang telah mengundang saya. Dan selama itu pula teori saya selalu kandas saat peserta bertanya, 'Apa bisnis yang sudah Mas Ale bangun melalui Blog?'. Kenapa kandas? karena saya hanya seorang Pemateri, bukan pelaku Bisnis. Akhirnya tahun 2009 saya mulai mempraktekkan apa yang telah saya ajarkan, hasilnya? Nol, Praktek tak semudah Teori. Namun Ajaibnya, para murid saya banyak yang berhasil.

'Apa yang salah dengan Praktik saya? Mereka bisa, kenapa saya tidak?'
'Padahal saya kan Gurunya?'
Ah, pikir saya aneh juga ya, tapi ini nyata.
Ternyata ada yang salah dengan Pola saya, karena 'merasa pintar' maka banyak step (langkah) yang saya lewati. Sedangkan murid2 saya melakukannya benar2 mulai dari awal, bahkan step paling sederhana mereka lakukan dengan telaten.

Hingga akhirnya saya benar2 fokus menerjuni bisnis online, dalam hal ini adalah pemasaran produk nyata (bukan digital seperti afiliasi, ebook, dll). 2010 hingga 2011 saya benar2 full time dengan bisnis yang saya bangun, hingga saat ada undangan menjadi Pemateri pun sering tidak bisa saya penuhi, karena saya benar2 ingin merasakan 'feel'nya berbisnis online dengan nyata. Hingga suatu saat saya diundang menjadi Pemateri lagi, saya sudah menjadi Pelaku Bisnis itu sendiri, tidak hanya PE(nyampai)MATERI saja. Pastinya akan menyampaikan semua materi dengan berdasar pengalaman, bukan hanya teori saja.

Ada banyak hal yang perlu diketahui dalam berbisnis, mulai hal2 yang harus dilakukan, hingga hal2 yang tidak boleh dilakukan. Apa saja itu? Mungkin di artikel berikutnya akan saya bahas. Sharing bareng yuk.

Salam dari Kepuh - Nukus - Malang
Alix Wijaya H.K. | Blogger Multi Tallent.
Call/SMS: 085635 44862.

21 comments:

memang betul mas, kata suamiku juga begitu, praktek itu ndak segampang teorinya kalo sudah menyangkut bisnis online. ya yang penting apa yang diceritakan di kelas seminar itu bisa bermanfaat, dan tidak menutup kemungkinan kita belajar dari peserta, malahan.. :)

Terima kasih sudah mampur bu :)
Yup, saya sepakat bahwa Guru yang Baik adalah Murid yang Baik,
Karena Manusai adalah pembelajar seumur hidup.

Iya ne mas,blog sekarang tak hanya sebagai sarana sharing,tapi juga bisa mendapat $$ dari hasil kita berbagi :)

Iya blog memang bisa dijadikan lahan pencarian uang tapi enggak semua blogger melakukannya..

wah, sudah lama banget saya pingin ndesain blog utk bisnis online, mas alix, ternyata hingga sekarang belum kesampaian juga. perlu banyak belajar dari mas alix, nih.

sip, selamat berbagi ya :thumbup

ibarat mobil, ada yang dijadiin kendaraan pribadi,
ada juga yang buat carteran atau buat jasa les setir mobil :kr

coba dijalankan dulu saja pak,
tak perlu tunggu desain sempurna, ditawarkan saja konsepnya, kalau banyak peminat baru di desain :thumbup

bisnis online mudah kok, asal gak berhenti promosi aja, dari satu forum ke forum lain, dari blog satu ke blog lain, dari facebook ke twitter, musti maksimal. pengalaman sih, kalaupun punya barang yg siap dijual untuk online tapi gak maksimal promosinya, jadi gak banyak yg tahu. hehe.

yang penting niat, semua bisa diwujudkan dan ada jalan.
salam sukses sob..

Sepakat..
Thanks tambahannya ya.. :shakehand2

[...] Pelatihan Blog di Fisika Universitas Brawijaya Posted on June 13, 2010 by Alix Wijaya| 4 Comments Artikel ini telah dibaca sebanyak 1,176 kali.. Tadi pagi aLe ngisi materi tentang blog, Laporanya? Mungkin nanti kalau sudah longgar, Coba intip artikel berikut untuk pengetahuan awal Bisnis Online. [...]

salam satu jiwa mas bro :D

salut buat semangat-nya mas ale :) semoga sukses

Oyi mas bro, salam Aremania :shakehand2

Terima kasih pak Zam,
Terima kasih telah menginspirasi saya pak,
Sukses selalu buat Pak Zam :)

seperti apa cara nya itu ??

Caranya mudah kok,
Cukup buat blog/web, lalu pajang produk, beri harga dan cara pemesanan. Dan datangkan visitor (pengunjung) sebanyak2nya.

Untuk contoh bisa chek di Olshop www.aisy.web.id

saya menyimak aja, maklum masih amatir..hehehe..salam satu jiwa from celebes island!

this is such a nice and useful information for us...i appreciate urs word Free Blogger premium Themes