Thursday, March 22, 2012

11 Alasan Mengapa Anda Harus Bisnis Online

Ada banyak jenis Bisnis Online yang bisa kita kerjakan untuk mendapat penghasilan tambahan maupun penghasilan utama. Dan pada artikel kali ini saya akan mencoba membandingkan antara Toko Online dengan Toko Konvensional.

Sehingga teman-teman semakin ingin memulai Bisnis Online setelah membaca artikel ini, karena telah mempunyai bekal berupa '11 Alasan Mengapa Anda Harus Bisnis Online', Cekidot:

1. Start, Membangun
- Toko Online: Mudah dibuat
- Toko Konvensional: Sulit dibuat

2. Kecepatan
- Toko Online: Bisa terwujud dalam hitungan menit
- Toko Konvensional: Lama dan bisa berbulan-bulan

3. Modal
- Toko Online: Murah, bahkan bisa Gratis
- Toko Konvensional: Perlu biaya besar

Tiga point pertama adalah secara umum bagaimana membangun sebuah bisnis, pada Toko konvensional kita membutuhkan banyak perhitungan (juga waktu yang lama) dan modal besar, sedangkan Toko online cukup register blog/web lalu pajang foto produk, selesai. Sangat mudah dan murah, juga cepat.

4. Promosi
- Toko Online: Biaya iklan murah, juga bisa gratis
- Toko Konvensional: Iklan mahal

5. Peluang kunjungan
- Toko Online: Bisa dikunjungi seluruh dunia
- Toko Konvensional: Terbatas dilingkungan sekitar

6. Kapasitas kunjungan
- Toko Online: Tak terbatas berapapun pengunjungnya
- Toko Konvensional: Terbatas sesuai besarnya toko

Tiga point kedua ini memberikan gambaran betapa Bisnis online mempunyai potensi lebih tinggi dalam mendapat peluang pelanggan. Padahal media promosi lebih mudah dan murah, bahkan bisa nol.

7. Produk
- Toko Online: Tak harus stock, semua barang bisa dipajang
- Toko Konvensional: Harus stock, pajangan terbatas sesuai besarnya toko

8. Jam terbang
- Toko Online: Buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tak ada libur
- Toko Konvensional: Hanya buka 8 jam, hari libur tutup

9. Operasional
- Toko Online: Biaya operasional kecil, bisa nol
- Toko Konvensional: Biaya operasional besar

10. Kinerja
- Toko Online: bisa ditinggal tidur, tetap dapat pembeli (karena kontak bisa via email atau Sms)
- Toko Konvensional: ditinggal tidur? pembeli dijamin kabur!

11. Keuntungan
- Toko Online: Tak terbatas
- Toko Konvensional: Hanya sebatas modal

Lima point terakhir semakin mempertegas, betapa dengan modal kecil dan operasional yang mudah (dan murah), Potensi keuntungan dalam berbisnis online cukup besar. Itu artinya Bisnis Online sangat selaras dengan Prinsip Ekonomi.

Nah, sekarang apa yang terlintas dalam benak Teman-teman semua?
Mulailah bisnis anda sekarang, lalu nikmati hasilnya sebentar lagi.
[caption id="attachment_1344" align="aligncenter" width="300" caption="Bunda Vivian dan Uang Ratusan Ribu"]Uang - Bisnis Online itu Harus dan Wajib - alixwijaya.com - Bunda Vivian[/caption]
"Jangan hanya berMenta Karyawan, coba bukalah Peluang Pekerjaan
Boleh saja jadi karyawan, tapi Mental tetep Jutawan"

Untuk contoh Toko Online bisa dilihat di Olshop Aisy.web.id
Bagaimana langkah-langkah teknisnya bisa teman-teman pelajari otodidak maupun belajar dengan Guru/Master Bisnis Internet, dan siapapun yang menjadi Gurunya tak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah saat teman-teman sudah punya pengetahuan dan fasilitas tapi tak memanfaatkannya dengan maksimal.

Semoga bermanfaat,

Ale | Owner, Consultant and Trainer Cv. Khanza Media Group

8 comments:

sepakat bero.. bikin toko onlen beli tanahnya mahal buat lokasi, kalo nyewa juga mahal, kalo toko onlen bisa modal uang receh sudah bisa beli domain dan hosting langsung bikin toko onlen...

Iya pak,
Dan walaupun receh harus bisa dimaksimalkan agar dapat receh berkarung2 :2thumbup

kunjungan dari kawan lama, ;)

setuju brader, tinggalkan cara tradisional dalam berdagang

Menarik sekali panduan bisnis online ini, jadi menambah semangat saya dalam memekuni bisnis online.

Zaman sudah serba canggih... manfaatkan lah setiap fasilitas yang diberikan oleh zaman ini.. jangan disia-siakan bro...
mulai menapak bisnis online,, tinggal kan bisnis lama yang susah payah....

Bisnis dapat dilakukan secara offline seperti buka toko baik dengan sewa maupun beli lalu isi barang, dengan semakin banyaknya pengunjung maka kemungkinan terjadinya transaksi lebih besar. Ternyata bisnis pun dapat dilakukan via internet misal dengan membuat website sebagai toko, dalam website yang berperan sebagai toko, Anda munjual jasa atau barang, Anda pun membutuhkan pengunjung yang dalam istilah bisnis online, disebut Traffic. Semakin banyak traffic maka kemungkinan terjadinya transaksi semakin besar. Untuk meningkatkan traffic/kunjungan maka Anda dapat melalukan dengan cara cepat maupun cara lambat. Contoh cara cepat : pasang iklan, contoh cara lambat adalah : SEO (Teknik mengoptimalkan kunjungan misal dengan membuat artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda jual). Berdasarkan pengalaman, jika rutin membuat artikel di situs kita, maka kemungkinan untuk terjadinya peningkatan pengunjung adalah antara 3 atau 6 bulan sesudahnya. Oleh sebab itu, disebut cara lambat. Seiring dengan naiknya peringkat/ranking situs/website Anda pada pencarian mesin pencari seperti GOOGLE, Insya Allah, kunjungan meningkat dan Insya Allah, transaksi meningkat. Inti dari semua bisnis adalah kesabaran,ketekunan dan fokus. Jika Anda dapat menjalankan poin-point tersebut, Insya Allahu Ta'ala berhasil.

Bisa di coba nih, baru sekarang kepikiran setelah membaca pertimbangan diatas....

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m