Wednesday, February 7, 2018

5 Prinsip yang Mesti Kamu Terapkan Agar Lebih Profesional

Di era yang semakin kompetitif seperti sekarang, kualitas seorang pekerja tak hanya ditentukan oleh gelar pendidikannya. Percuma saja sekolah tinggi-tinggi jika tak memiliki profesionalitas, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Tak hanya untuk skala perusahaan, profesionalitas juga sangat dibutuhkan untuk para startup. Jika kamu sedang merintis startup, maka tak ada yang bisa menolongmu selain selalu menerapkan profesionalitas. Ada banyak sekali elemen yang mesti kamu ketahui mengenai profesionalitas ini, namun berikut ini kami akan membahas 5 prinsip yang mesti kamu terapkan agar lebih profesional.
 
Be a Profesional
1. On Time
Bagi seorang entrepreneur, menetapkan visi dan misi itu jelas merupakan hal yang paling fundamental. Namun percuma saja menetapkan visi dan misi, jika tidak menerapkan gaya hidup on time atau tepat waktu. Apapun bisnis yang kamu jalankan, maka kamu bisa mencapai target yang kamu harapkan jika kamu terus on time. Jika ada jadwal dengan klien jam 8 pagi, maka jangan sampai datang jam 8.30 pagi. Orang-orang sukses sangat paham betapa pentingnya datang tepat waktu. Jika kamu punya target profit tertentu selama sebulan, usahakan kamu berhasil meraih target tersebut.

2. Berani Mengambil Inisiatif
Meskipun kamu sudah punya skill yang sangat mumpuni, namun percuma saja jika kamu tidak berani mengambil inisiatif. Inisiatif ini layaknya ‘pemicu’ bagi tumbuh kembangnya profesionalitas. Orang yang bekerja berdasarkan inisiatif tidak selalu menunggu arahan dari atas,  melainkan benar-benar menganalisa suatu masalah, memformulasikan solusinya, dan jika perlu melaporkannya pada atasan. Apalagi bagi kamu yang bekerja sebagai freelancer, maka apapun yang kamu kerjakan mesti berdasarkan inisiatif. Jadi jangan hanya menunggu orderan datang, kamu mesti mengambil inisiatif dengan membuat portfolio dan memasarkan jasa atau produk lebih baik lagi.

3. I'm OK, You're OK
Dalam skala bisnis, maka kamu mesti menerapkan pola pikir ‘I'm OK, you're OK’. Tema mengenai ‘I'm OK, you're OK’ ini pernah dibahas secara gamblang oleh Thomas Anthony Harris, seorang psikiater dan penulis legendaris Amerika. Terkadang dalam lingkup networking, khususnya antara produsen high-level dengan konsumen low-level, begitupun sebaliknya, selalu ada gap. Gap ini berhubungan dengan psikologis masing-masing individu ketika berkomunikasi dalam konteks bisnis. Terkadang, pebisnis tidak percaya diri saat mempresentasikan jualannya pada supplier atau vendor besar, sehingga muncul perasaan ‘you’re OK, I’m not OK’. Nah mindset seperti ini mesti kamu hilangkan saat berkomunikasi dengan klien. Kamu mesti menerapkan pola pikir ‘I'm OK, you're OK’, agar tak ada gap komunikasi. Begitupun jika lawan bicaramu terkesan kurang percaya diri, maka jangan terlalu mendominasi pembicaraan.

4. Pastikan Tempat Kerjamu Kondusif
Untuk mendukung kualitas kerja, maka sangat penting sekali memastikan bahwa tempat kerja dalam keadaan kondusif. Kamu tak mungkin bisa konsentrasi jika ruangan kerja berisikan orang-orang yang suka bergosip, meja kerja yang dipenuhi tumpahan kopi, banyaknya suara yang mengganggu, dan lainnya. Apalagi jika kamu bekerja di rumah sebagai seorang entrepreneur, maka kamu mesti memperhatikan kondusifitas ini. Jika meja kerjamu sudah tak layak digunakan, tentunya kamu mesti membeli yang baru. Agar lebih hemat, sebaiknya gunakan voucher Lazada ketika membeli peralatan kerja via online. Lazada sering sekali menawarkan voucher lazada promo alat rumah tangga kepada setiap konsumennya, jadi jangan dilewatkan ya.

5. Selalu Belajar
Meskipun kamu sudah memiliki skill bisnis yang mumpuni, namun bukan berarti kamu enggan mempelajari hal-hal baru. Apalagi di era yang semakin digital seperti sekarang, banyak hal baru bermunculan setiap harinya. Terutama untuk skala bisnis, seorang pebisnis sejatinya mesti terus mempelajari berbagai hal-hal baru yang dapat mendukung eksistensi bisnisnya. Misalnya, jika kamu tidak punya toko online, maka belajarlah caranya memperluas market dengan menggunakan toko online.

Jika kamu ingin selangkah lebih profesional, maka terapkanlah beberapa prinsip diatas. Dunia kerja merupakan dunia yang sangat kompetitif karena setiap orang berusaha untuk menunjukan kualitas dirinya. Jadi kamu mesti sedikit lebih maju dengan menerapkan beberapa prinsip diatas.

1 comments:

Anda seorang master SEO? atau yang sedang belajar SEO dan ingin menjajal kemampuan SEO anda?

Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000

Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018
Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018
Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018
Hadiah akan dibagikan pada tanggal 8 Mei 2018

Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99(dot)org/kontes/