Wednesday, August 2, 2017

Sudah Siap Jelajah Sungai Kapuas? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini

Kalimantan identik dengan wisata sungai besarnya. Salah satu ikon sungai yang wajib untuk disusuri adalah Sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia, dengan ukuran mencapai 1.143 kilometer ini, dapat menjadi pilihan terbaik mengisi liburan Anda di Pontianak.
(sumber : wisatapontianak.com)
Untuk menikmati jelajah Sungai Kapuas, Anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam apabila menumpang kapal kayu. Agar liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan, perhatikan dahulu beberapa tips jelajah sungai berikut ini.
1.     Cermati Paket Wisata
Liburan dengan gaya backpacker memang terasa mengasyikkan. Kejadian-kejadian tidak terduga bisa menjadi pengalaman yang berkesan. Akan tetapi, setinggi apa pun semangat backpacker Anda, mencermati paket wisata tetaplah harus dilakukan.
Terlebih kalau Anda belum pernah berkunjung ke Pontianak. Daripada kejadian-kejadian tidak terduganya berdampak negatif, lebih baik menyiapkan informasi-informasi paket wisata sungai sejak jauh hari.
Paket yang ditawarkan biasanya memuat rute perjalanan wisata dari Taman Alun-Alun Kapuas sampai di bawah Jembatan Kapuas. Sepanjang perjalanan, Anda dapat melihat aktivitas masyarakat yang tinggal di tepian Sungai Kapuas. Dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, Anda cukup menyiapkan biaya sejumlah Rp10.000 saja per orang.
2.     Siapkan Baju Ganti dan Kebutuhan Pribadi
Jelajah Sungai Kapuas juga dapat dilakukan secara mandiri. Tentu saja rutenya lebih pendek dan akomodasinya berbeda. Anda pun akan menemukan banyak penyewaan kano di sekitar Jembatan Kapuas 1. Paket kano ini dilengkapi perlengkapan dayung dan juga pelampung.
Karena dilakukan secara mandiri, Anda harus selalu waspada. Gunakanlah pakaian yang nyaman. Jika perlu, siapkan obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi alergi tertentu ataupun mabuk perjalanan.
3.     Siapkan Kamera dan Pelindungnya
Ke mana pun tujuan liburan Anda, perlengkapan dokumentasi seperti kamera pasti menjadi barang yang wajib dibawa. Kamera foto atau video sama pentingnya. Yang berbeda adalah lokasi penggunaannya. Untuk penggunaan di sungai yang arusnya agak sulit ditebak, siapkanlah pelindung-kamera yang mumpuni.
4.     Dapatkan Cerita Tempat-Tempat Bersejarah
Setiap tempat pasti punya cerita. Demikian juga dengan Sungai Kapuas. Selagi ada kesempatan, sempatkan untuk mendapatkan cerita tempat-tempat bersejarah selama menjelajah sungai.
Apabila Anda mengambil paket wisata tertentu, pemandu tur biasanya akan merangkap sebagai informan. Mereka inilah yang akan memberi kesan lebih berwarna dalam liburan Anda ke Pontianak. Jadi, bersiaplah mendengar sejarah Pelabuhan Dwikora, Kampung Beting, Makam Kesultanan Pontianak, Pelabuhan Seng Hie, hingga Keraton Kadriyah.
5.     Bawa Trash Bag
Seperti kamera yang menjadi benda wajib andalan para traveller, trash bag atau kantong sampah juga tidak kalah pentingnya dibawa selama mengisi liburan di Pontianak. Tidak harus yang berukuran besar. Kantong plastik hitam tempat membawa ransum saja sudah cukup untuk menunjukkan niat baik Anda.
Kebetulan Sungai Kapuas memiliki air kecokelatan yang bersih. Siapa pun tidak akan sampai hati mencemarinya. Aturan tidak tertulis ini sudah seharusnya dipatuhi dalam perjalanan Anda kali ini. Selama Anda baik kepada alam, maka alam pun akan bersahabat dengan kita.

Demikianlah 5 tips jelajah Sungai Kapuas yang akan membuat liburan Anda di Pontianak semakin nyaman dan menyenangkan. Untuk memastikan waktu istirahat tetap terasa spesial, Anda bisa mencari hotel murah di Pontianak melalui Airy Rooms.
Jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia ini, menawarkan berbagai pilihan kamar hotel yang nyaman dengan harga terjangkau. Hotel-hotel Airy Rooms sangat mudah ditemukan dan didukung fasilitas terbaik, seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, shower air hangat, serta Wi-Fi gratis.
Airy Rooms

Pemesanan kamar hotel Airy Rooms dapat dilakukan melalui website serta aplikasi Android dan iOS. Selanjutnya, selesaikan pemesanan kamar dengan melakukan pembayaran melalui transfer antarbank, kartu kredit, maupun pembayaran langsung di gerai Indomaret.

2 comments:

Mampir ke sini.. karena barusan saya lagi liat2 arsip blog yang sudah terhapus, orinblog.org, dan ada nama aLe di komentar. Makasih ya udah pernah komen di blog saya hehehe

@oRiN: wah blogger lama, apa kabar kak?
Makasih juga udah mampir ke blog saya ^^