Tuesday, February 20, 2018

Manfaatkan LIMBAH, Ibu ini Ajarkan Buat Sabun dari Minyak Jelantah

Bunda Vivian Membagikan Doorprize

Malang, Februari 2018 di teras Masjid As-Salam Kota Malang ada pemandangan yang tak biasa. Berkumpul Ibu² muda terlihat seperti sedang mengadakan sebuah acara, pasalnya ada 1 orang menjelaskan dan yang lain berkumpul menyimak dengan seksama.

Kami coba mencari informasi dan benar adanya, para Ibu-ibu ini sedang 'Workshop Pelatihan Pembuatan Sabun dari Limbah Minyak Goreng alias Jelantah'.
Contoh Hasil Jadi Sabun Jelantah

Ini menarik, disaat banyak orang mulai menyadari tentang pola menjaga kesehatan, salah satunya penggunaan Minyak Goreng yang dipakai 2 atau 3 kali sudah tidak digunakan lagi. Namun ada rasa 'sayang' saat minyak yang masih belum terlihat gelap itu dibuang begitu saja. Lebih dari itu ternyata pola baru ini malah membuat limbah baru bagi lingkungan sekitar. 1 sisi menang dan 1 sisi lain kalah, ironis.
Pelatihan Pembuatan Sabun Jelantah di Malang
Bunda Vivian namanya, berangkat dari permasalahan ini beliau berfikir perlu ada sebuah Solusi. Setelah mencari banyak referensi tentang pemanfaatan Limbah Minyak Goreng, beliau mengambil Jalan Solusi Terbaik dengan membuat Sabun Jelantah.
Mencoba membuat mandiri bersama Suaminya, Bunda Vivian berhasil membuat Sabun dengan Bahan Dasar Limbah Minyak Goreng Bekas.

'Pertama buat dipakai sendiri sih, lalu coba kami bagikan kepada para tetangga'.
Tutur Bunda Vivian.
'Alhamdulillah respon tetangga bagus, bahkan Sabun ini cukup Ampuh menghilangkan noda membandel saat mencuci Baju'.
Lanjutnya saat mengenang masa awal sukses membuat Sabun pertama kali.

Lalu iseng² Bunda Vivian memfoto dan upload hasil jadi Sabunnya di Medsos, diluar dugaan ternyata banyak yang berminat untuk mengundang beliau dan diberikan pelatihan.
'Alhamdulillah ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, niat kami hanya berbagi dan bukan untuk komersil. Mohon doanya aja ya semoga kami bisa Istiqomah dan Allah SWT Ridho dengan apa yang kami lakukan'.
Ujar Bunda Vivian merendah saat dikonfirmasi soal tarif mengundang beliau, pasalnya ada pelatihan serupa dan membayar hingga Ratusan Ribu per-Orang.
'Jika dikasih ya kami terima, tidak baik menolak rejeki, yang utama memang kami gak pasang tarif. Cukup dengan Mereka memperhatikan dengan Serius dan kemudian mempraktekkan nya dirumah itu sudah kebanggaan bagi kami, syukur² mereka menularkan ilmu ini kepada tetangga nya masing²'.
Lanjut beliau sambil berharap semakin banyak orang bisa membuat sabun secara mandiri.
Awas Asapnya berbahaya, Tutup Hidung pakai Masker
Itulah beberapa informasi yang sempat kami rangkum saat bertemu dengan Bunda Vivian, dan jika Anda juga berminat untuk menghubungi beliau bisa kontak bagian Management.
Chat WA: 0881.3102.077 (Bu Putri)
Anda juga bisa melihat Profile beliau di Instagram
http://instagram.com/vivianwahab

0 comments: