Wednesday, January 3, 2018

7 Hal Sepele yang Ampuh Menghemat Kuota Internet di Smartphone

Kebutuhan terhadap smartphone canggih kian meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Itulah sebabnya aneka seri smartphone Samsung pun selalu laris manis di pasaran, termasuk Samsung Galaxy J5. Spesifikasi Samsung Galaxy J5 yang canggih akan mempermudah beragam aktivitas mobile Anda.

Selain smartphone canggih, Anda juga membutuhkan fasilitas kuota internet yang memadai untuk mendukung aktivitas mobile. Sayangnya, penggunaan kuota internet yang tak terkendali bisa membuat Anda jadi boros. Sebaiknya Anda mengetahui 7 hal sepele ini agar Anda dapat menghemat kuota internet semaksimal mungkin:

Memanfaatkan Wifi
Fasilitas wifi memang menjadi salah satu hal penting bagi para pengguna smartphone. Jika Anda memanfaatkan wifi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas mobile secara leluasa tanpa khawatir kehabisan kuota internet. Beberapa aktivitas smartphone yang butuh kuota internet besar seperti mengakses media sosial dan update aplikasi pun tak akan membuat pengeluaran Anda jadi boros.

Menonaktifkan Fitur GPS
Global Positioning System (GPS) bukanlah fitur penting yang harus selalu aktif sepanjang waktu. Justru Anda bisa menonaktifkan fitur ini supaya lebih hemat kuota internet. Fitur GPS hanya dibutuhkan ketika Anda akan menaiki ojek atau taksi online dan saat Anda akan menggunakna fitur maps untuk mencari alamat.

Menonaktifkan Sinkronisasi
Aplikasi yang ada di smartphone Anda akan melakkan sinkronisasi secara otomatis jika ada versi terbaru yang sudah diluncurkan. Hal ini memang baik untuk mendukung kecanggihan smartphone Anda. Namun sayangnya sinkronisasi otomatis juga akan menyita kuota internet dalam jumlah besar. Alangkah lebih baik jika Anda menonaktifkan sinkronisasi. Manfaatkan jaringan wifi saja bila ingin melakukan sinkronisasi aplikasi secara hemat.

Menggunakan Fitur Data Saver
Ada beberapa tipe smartphone yang dilengkapi dengan fitur data saver untuk menghemat kuota internet. Biasanya fitur ini bisa memangkas penggunaan kuota hingga 50%. Kalaupun smartphone Anda tidak memiliki fitur tersebut, Anda bisa mengunduhnya sendiri melalui Play Store atau App Store di smartphone Anda.

Mengunduh dan Menyimpan File Besar
Sewaktu Anda mendapatkan akses wifi berkecepatan tinggi, manfaatkan akses tersebut untuk mengunduh sejumlah file besar. Biasanya file berupa film membutuhkan akses wifi super cepat agar proses unduhnya berlangsung lancar. Nanti Anda dapat menyimpan file tersebut dan menggunakannya secara offline pada kesempatan lain.

Menghapus Aplikasi yang Boros Kuota
Anda pasti pernah menyimpan aplikasi yang tidak terlalu bermanfaat tetapi boros kuota internet di smartphone. Jika aplikasi tersebut memang tak bermanfaat, sebaiknya Anda menghapusnya saja. Selain lebih hemat kapasitas penyimpanan, Anda juga bisa menghemat kuota internet secara maksimal. Sebab Anda tak perlu melakukan sinkronisasi untuk memperbaharui aplikasi tersebut.

Memilih Browser yang Hemat Kuota
Beda browser, maka beda pula manfaatnya. Setiap jenis browser memiliki fitur unggulan tersendiri yang tak ada pada browser lain. Bukan hanya fitur-fitur unggulan saja yang harus dicermati dari suatu browser. Anda juga wajib mengetahui informasi tentang penggunaan kuota internet pada browser tersebut. Usahakan untuk memilih browser yang lebih hemat kuota internet. Biasanya ada browser yang memiliki fitur data saving sehingga proses unduh konten bisa lebih hemat kuota tanpa menurunkan kualitas konten itu sendiri.

Nanti Anda tak akan boros lagi bila sudah bisa menghemat kuota internet secara maksimal. Menggunakan smartphone canggih tak harus membuat pengeluaran Anda membengkak. Maksimalkan aneka fitur pada smartphone Anda sembari berhemat dengan cara yang tepat.

0 comments: