Wednesday, December 13, 2017

Mengenal Peran Profesi Background Layout Artist Pada Animasi

Inilah Cara Mengenal  Peran Profesi Background Layout Artist Pada Animasi

Bagian terbaik dari sebuah film animasi, baik pendek maupun panjang adalah latar belakang. Latar belakang memiliki peran yang berbeda dengan sebuah karakter, karena latar belakang tidak berubah atau bergerak secepat karakter. Jika karakter banyak menggambarkan jalannya cerita, sifat dari latar belakang adalah menampilkan emosi, keterangan pada adegan, dan menggambarkan keindahan goresan seni pembuatnya.

Dalam sejarahnya, animasi tradisional menggunakan background hasil menggambar yang tidak diwarnai. Namun, kini seperti yang kita lihat di televisi, semua sudah berwarna dan merupakan hasil gambar yang telah selesai. Untuk menyelesaikan latar belakang yang diisi dengan karakter berwarna, dibutuhkan lebih dari satu orang untuk melakukannya.

Pertama-tama, akan ada orang yang bertugas untuk menggambar layout dari sebuah latar belakang, dia disebut background layout artist atau disebut background designer. Barulah selanjutnya layout tersebut diserahkan kepada pelukis yang memberikan warna dan ketegasan terhadap gambar, sekaligus memasukkan karakter-karakter ke dalamnya.

Begitulah secara singkat proses pembuatannya. Satu hal yang terpenting ialah sebuah latar belakang harus mampu memberi dukungan kepada narasi cerita. Desainer akan melihat narasi cerita dan bagaimana gaya khusus setiap karakter dan latar belakang seperti apa yang dapat menggambarkan kehidupannya. Tidak semudah itu, eksplorasi dalam menggambar latar belakang juga harus memberikan gambaran emosi dan rasa terhadap penikmatnya.

Lalu bagaimana seorang background designer membuat setiap latar belakang terasa nyata?
Pastinya melalui riset yang mendalam, mencari material untuk referensi, dan mempelajari subyek tersebut. Dari bahan-bahan yang terkumpul, mereka membuat konstruksi gambar berdasarkan perspektif mereka sendiri. Meskipun seringkali permintaan untuk membuat background tidak terbatas pada hal-hal realistis saja, seperti halnya menggambar hal-hal imajinatif.

Untuk menggambar hal-hal imajinatif, seorang background designer tidak akan menggunakan seluruh elemen dalam latar belakang menggunakan hal-hal asing atau imajinatif. Mereka akan menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan hal di saat ini. Tujuannya, supaya ketika pembaca atau penonton melihat, mereka tidak merasa asing dengan latar belakang narasi, dan merasa terhubung dengan latar belakang tersebut, sekalipun mereka baru petama kali melihat.

Gimana? Menarik bukan profesi seorang background layout artistr dalam film animasi? Tertarik untuk mencoba? Atau ada yang sudah mulai mencoba mendalami profesi tersebut? Atau sebagian dari kalian ada yang ingin mencoba, tetapi bingung di mana tempat belajar yang sesuai?

Di International Design School (IDS) kalian bisa mengembangkan passion dan bakat dalam bidang animasi bersama dengan para pengajar professional di bidangnya. Untuk info selengkapnya kalian bisa cek di website kita http://www.idseducation.com/ atau kunjungi social media Instagram dan facebook kita di IDSeducationcom

Let’s Transform Passion into Action!

0 comments: