Tuesday, March 28, 2017

Tes Alergi untuk Mengetahui Jenis Alergi Anak

Alergi Anak (pic by. 123rf.com)
Alergi adalah salah satu momok yang dimiliki oleh seseorang sehingga memiliki keterbatasan untuk melakukan aktivitas tertentu. Seringnya, orang-orang dengan jenis alergi tertentu ini harus membatasi dirinya sehingga orang tersebut tidak bebas melakukan apapun seperti yang dilakukan oleh orang lain. Alergi sebenarnya merupakan bawaan dari dalam diri karena tidak bisa menerima sesuatu yang dirasa asing untuk dirinya atau untuk orang lain. Hal ini dapat terjadi karena tubuh menganggap sesuatu yang biasa menjadi asing.

Contohnya saja seperti alergi seafood. Antibody bisa mengenali seafood sebagai sebuah makanan asing pada protein yang berada di dalamnya, hal ini juga terjadi pada makanan lain yang mengandung protein seperti telur. Berbeda dengan alergi debu atau pun zat kimia lain. Jika zat ini masuk ke tubuh, antibody tubuh bisa menganggap zat ini sebagai radang yang dapat melukai tubuh sehingga antibody bisa menghasilkan zat anti radang. Efek dari keluarnya zat ini ialah pengeluaran cairan berlebih di tenggorokan dan menyebabkan sesak napas.

Kadang, seseorang malah bingung terkena alergi apa dirinya yang sebenarnya. Karena tiba-tiba ia menderita badan kemerahan, tubuh bentol hingga bersin secara terus menerus bahkan hingga tidak sadarkan diri. Agar bisa mengetahui alergi apa yang diderita seseorang, seseorang harus melakukan tes alergi. Tes alergi bisa dilakukan di rumah sakit.

Tes jenis alergi yang umum dilakukan ialah tes tempel dan tes gores. Tes gores ialah tes yang sederhana dan bisa dilakukan dengan hasil akurat serta hasil yang sangat cepat. Dengan melalui tes ini, kulit akan dicungkil sedikit menggunakan jarum khusus dan dikenakan beberapa senyawa. Bila hasilnya terlihat positif nantinya akan memberi gambaran merah di kulit. Tes ini sebenarnya cepat, aman dan sederhana. Untuk tes tempel, tes ini memerlukan waktu 3 hari agar bisa mengetahui apa jenis yang di derita. Tes ini akan dilakukan dengan menempelkan alergi ke punggung. Sebenarnya, yang paling penting bagi si penderita alergi ialah memperoleh penanganan dan pemahaman alergi lebih lanjut dan segera memperoleh penanganan yang lebih akurat dan lebih baik.

2 comments:

Wah, baru tau kalo ada tes buat alergi.....
Makasih infonya mas....
^_^

@Endrita: Iya om, semoga bermanfaat.