Monday, August 1, 2016

Ayah, Surga itu dimana?

Judul: Ayah, Surga itu dimana?

Oleh: Alix Wijaya

Mohon luangkan waktu Anda 5 menit saja.
InsyaAllah ini cara 'terbaik' Menjelaskan dimana Syurga itu dengan cara yang sangat mudah diterima oleh anak2 kecil sekalipun.

Pengalaman kami Saat ditanya 'Dimanakah Surga itu' oleh anak kami yang waktu itu masih berumur 4 tahun, Aisy namanya.
Kami sempat bingung dan bertanya2 kepada banyak orang dan para ustadz. Ada yang jawab 'pokoknya disuruh percaya aja lah, pokoknya itu dari Allah', ah fikir kami ini benar tapi kurang bagus buat anak kami.

Lalu, ada juga yang jawab dengan memberikan link artikel ke sebuah web islami, disitu berisi belasan dalil2 shahih beserta penjabarannya.
Boleh sih. Tapi..

Helloo..
Ini yang tanya anak2 loh ya?
Apa iya anak sekecil itu butuh dalil?
Makin puyeng deh kami dibuatnya, kalau orang dewasa sih enak tinggal jelasin ini dan itu beserta dasar dalilnya.
Lah kalau Anak2?
Mereka belum butuh data itu.

Alhamdulillah,
Allah itu ilmunya Maha Luas, dan dipertemukanlah kami disuatu pagi dengan sebuah kajian islami oleh ustadz fulan (subhanallah, saya lupa namanya) di radio Mas FM kota Malang.

Kata beliau:
'Jelaskan saja Syurga itu pasti ada, tapi saat ini kita belum bisa melihatnya. Ibarat di siang hari kita ingin melihat malam, caranya adalah tunggu saja pasti malam akan datang sendiri'.

Dan Ide Brilian saya tiba2 muncul, lalu saya terjemahkan dengan bahasa obrolan ringan kepada Aisy.

Saya: Aisy masih ingin tahu syurga itu apa dan ada dimana?
Aisy: Iya donk ayah, apa dan dimana itu?
S: Syurga itu tempatnya orang beriman dan beramal shalih sebagai hadiah dari Allah. Tempatnya baguus banget... luas banget.. dan kslau mau minta apa aja ada semua disana.
A: waah aku mau kesana, dimana itu?
*matanya berbinar2, wajahnya ceria

S: tempatnya jauh tapi insyaAllah kita pasti kesana.
A: ya.. kapan Yah? Dimana sih memangnya Syurga itu?
S: Kakak tahu malam gak?
A: ya tahu donk, nanti kan malam pasti ada.
S: kan sekarang masih siang, kok tahu nanti ada malam?
A: ya tiap hari kan ada siang terus malam, terus siang lagi, terus malam lagi, gitu deh.
S: Nah, itulah yang namanya Iman. Kita percaya Syurga itu ada, walaupun sekarang belum tahu itu dimana dan kapan kita bakal kesana. Tapi kita yakin pasti kesana. Amin..
A: Oh.. *mangut2
S: Tapi ada syaratnya loh, karena tidak semua orang bisa kesana.
A: syaratnya apa Yah?
S: Yup, kita harus rajin sholat, rajin ngaku, berdoa dan berbuat kebaikan.
A: Oke Ayah, aku mau itu.

Alhamdulillah,
Panjang ya ceritanya? :D
Maaf ya, tapi begitulah adanya kalau kita menghadapi anak2, musti ditail namun ringan untuk diterima nalar anak dibawah umur.

Silahkan share juga ya pengalaman terbaik Ayah Bunda tentang topik ini.
Mari diskusi.

Semoga bermanfaat.

Malang, 2 Agustus 2016

0 comments: