Sunday, February 2, 2014

12 Definisi / Istilah / Arti Pendidikan #2 (habis)

Untuk 6 definisi pendidikan yang pertama bisa dibaca di artikel sebelumnya *klik*. Dan berikut definisi pendidikan menurut tokoh² pendidikan dunia.

7. Ki Hajar Dewantara mengemukakan pengertian pendidikan sebagai berikut:
- Pendidikan adalah tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak.
- Pendidikan berarti daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti, pikiran dan jasmani anak-anak.

8. Drs. D. Marimba berpendapat bahwa penegertian pendidikan adalah bimbingan atau pimipinan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rokhani si terdidik menuju terbentunya kepribadian yang utama.

9. Menurut Carter V. Good dalam 'Dictionary of Education', Pendidikan adalah (1) Seni, praktek, atau profesi sebagai pengajar. (2) Ilmu yang sistematik atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid.

10. Menurut Prof. Richey dalam bukunya 'Planning for teaching, an Introduction to Education' menyatakan: Istilah 'Pendidikan' berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat.

11. Menurut S. Brojonegoro pendidikan dapat dirumuskan sebagai berikut : Pendidikan adalah tuntutan kepada manusia yang belum dewasa untuk menyiapkan dirinya agar dapat memenuhi sendiri tugas hidupnya.


12. Menurut Rupert C.Lodge beranggapan bahwa pendidikan adalah kehidupan dan kehidupan adalah pendidikan (Education is Life and Life is Education).

Ohya,
Selain 12 diatas, berikut Pendidikan menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 1989. Pendidikan adalah Usaha Sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran bagi peranannya di masa datang.

Semoga bermanfaat :)

1 comments:

Pendidikan = didik, diajari dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi ngerti, hak setiap orang (menurut saya)