Sunday, July 11, 2010

[Pro dan Kontra] Perlukah Imunisasi pada Bayi?

Setelah Ais suntik DPT kemarin, Ayah Ale dan Bunda Vivian mencoba untuk terus mencari info tentang perlu tidaknya dilakukan Imunisasi pada bayi. Banyak sekali referensi yang kami dapatkan di internet, baik di situs² maupun di forum².

Sebelum kami melakukan penelitian ini, kami terutama Bunda Ais memang sudah 'meragukan' tentang imunisasi itu sendiri. Selama ini dia memang 'anti obat'. Menurutnya obat itu buatan manusia, JELAS TIDAK ALAMI. Berbeda dengan sayur²an dan buah²an segar, Ya! ALAMI. Jadi sakit ringan seperti pusing, flu, anemia dlsb dpt sembuh hanya dgn istirahat yang cukup dan pola makan yang teratur serta bergizi.

Kembali ke masalah Imunisasi / Vaksin,
Apakah Halal? Apa harus diberikan pada bayi?
Hal yang pertama ini bagian penting bagi kami sebagai umat Islam. Seharusnya kami sebagai orang tua yg baik harus bertanya apa saja komposisi vaksin yang dimasukkan kepada anak kami itu apa saja. Ada zat yang berbahayakah? Atau aman² saja? Ah, sayang sekali, hanya karena alasan 'sungkan' kami tidak menanyakan hal itu kepada sang bidan. Ini sebuah kesalahan yg harus diperbaiki.

Ada seorang teman yang menyarankan kami untuk membeli buku Children with Starving Brains karya Jaquelyn Mc Candless. Katanya dalam buku itu mengupas tuntas penelitian dan pengalaman penulis tentang Imunisasi / Vaksin. Salah satunya menjelaskan bahwa Vaksin Hepatitis B yang diberikan kepada anaknya diteliti dan terbukti mengandung Thimerosal, dimana zat pengawet tersebut terdiri dari Merkuri yg bisa menyebabkan Autisme Spectrum.

Jelas, hal apapun yg mengakibatkan sebuah kejelekan atau yang buruk² harus kita hindari. Dalam sumber yang lain, dikatakan komposisi Vaksin terbuat dari salah satu anggota tubuh Kera dan Babi :O Tapi untuk yg satu ini kami blm menemukan referensi yang jelas.

Teman,
Dari pemaparan diatas, kami sebagai manusia biasa tidak dapat menentukan Halal dan Haram. Tapi sebagai makhluk normal dan berakal kami 'sementara' memutuskan untuk tidak melanjutkan Imunisasi kepada anak kami, sampai ada referensi yang jelas. Kami akan lebih fokus untuk mengatur pola makan yang sehat dan bergizi.
Toh dalam sumber lain dikatakan:
'ASI adalah Imunisasi Alami dan yang Terbaik untuk Bayi'
Dan kami percaya hal itu, lebih masuk akal.

0 comments: