Thursday, August 14, 2008

[tips] Cara Memperpanjang SIM Mudah Murah dan Cepat

Sebagai warga negara yang baik dan benar :D
Kemaren lusa aLe mudik lagi ke bLitar *mudik kok terus* ^^
Secara ga pengen kena TiLang lagi lah.. :P
Selain itu klo ga punya SIM, hati ini selalu resah tiap melintasi jalan raya
Toh buat SIM jaman sekarang cukup mudah dan murah, cepat lagi ;)

'Lho, Le! temenku bilang kok sekitar 200ribu lebih?'
Hohoho, pasti kena Calo yah ;)) Sini deh aLe kasih Tips nya ;)
Uda gethoo sehari jadi loh,.
Tips ini telah di praktekin aLe utk daerah Blitar,
Untuk Kota lain kemungkinan sama pada prinsipnya.

SATPAS POLRES BLITAR


Berikut Step by Step cara memperpanjang SIM :

Cara Memperpanjang SIM Mudah Murah dan Cepat oleh aLix wiJaya


Seperti biasa, tiap sampe di SATPAS POLRES anda akan disamperin CALO
Yeah, abaikan aja, bilang klo dah ada teman nunggu didalem ;)
Klo mo sdikit USIL, basa-basi tanya aja berapa harga yang ditawarkan ;))
*aLe ditawarin 245ribu, katanya 1 jam langsung jadi, wuik, mahal bokk*

Abis Parkir, langsung aja ke Foto Kopi terdekat,
Berikan KTP dan SIM lama anda,
Anda akan diberikan Foto Kopi rangkap 4 dan sebuah Map *bayar 2ribu*
Isi data di Foto Kopian tersebut, dan langsung menuju ke pos tes kesehatan
Berikan 1 lembar Foto Kopi pada saat mo tes kesehatan (utk antri),
Test berupa : Baca huruf sejauh 5 meter, Tes buta warna, Tensi darah, serta ukur Tinggi dan berat badan *Pada bagian ini membayar 15ribu*

Surat dokter


Setelah itu anda menuju ke Loket Perpanjangan SIM,
Serahkan lembaran hasil tes kesehatan beserta sisa 3 lembar Foto Kopian tadi, jadikan 1 dalam Map. Ohya, berikan jg SIM lama anda kedalam Map.
Sampai disini anda menunggu utk dipanggil dr loket pembayaran.
Ya, Murah banget, cuma 60ribu rupiah saja ;)

Menunggu lagi utk mengisi Formulir di ruang ujian teori
*Ingat! hanya mengisi formulir, bukan ujian!*
Abis itu, antri lagi untuk Sidik jari (cap jempol), Paraf dan FOTO b-)
*sekarang uda jaman digital, jadi jari anda ga bakal belepotan tinta*
Selang beberpa menit anda akan dipanggil dr loket Pengambilan SIM,
dan Taraaaaaaaaaaaa, SIM anda pun telah jadi ;)

SIM jadi


Total kerugian biaya yang ditanggung adalah 77ribu Rupiah!
*Bandingkan! berapa keuntungan calo?* ;)
Total waktu yang harus ditempuh adalah sekitar 2 Jam!
*Percayalah! Calo itu cuma iming2 saja, lha wong prosesnya sama kok* ;))
FAQ, TIPS dan INFORMASI :
- Tes kesehatan TIDAK HARUS di SATPAS POLRES, jadi jika punya kerabat atau teman dokter silahkan saja, bisa menghemat 15ribu gethoo ;)
- Kenapa di tes lagi? Ya, kesehatan orang dlm 5 thn bisa berubah.
- Masa Tenggang SIM adalah 1 tahun, jadi jika SIM anda telah habis dan belum 1 tahun, itu masih bisa diperpanjang. *kalau ketemu calo biasanya dibilang masa tenggang cuma 14 hari doank* :))
- Bawalah Bolpoint (pulpen) warna hitam untuk keperluan isi data dan formulir, jika lupa tidak bawa tenang saja, ada asongan yang jual kok, cuma 2ribu perak.

Alhamdulillah, semoga bermanpangat :)
Jika berkenan silahkan sebarkan informasi ini keteman2 anda,
*tentunya dengan mencantumkan link ini sebagai sumber informasinya*

Ingat! Kurangi tindak kejahatan! Mari Bersama Berantas Calo!
Dirgahayu Indonesia™ ku! Merdekah!!!!!!!!!!!!!™
*halah* :D

44 comments:

Untuk cara Pembuatan SIM BARU, pada prinsipnya juga sama!
Cuma ada Test Teori dan Tes Praktek,
Klo perpanjang 60ribu, Buat Baru bayarnya 75ribu!

Hiks, aku bikin SIM 300 rb pake calo, itupun 6 tahun lalu...

Kalau mau beli tiket kereta api dari Malang ke Jakarta ( Gajayana ) hari Senin susah nggak ?..banyak calo ?

kalo Ndutz pgn buat SIM tp nggak bisa naek motor, bisa gak, mas aLe??

*melototin tgl lair aLe

aku pake cara asli.. legal tanpa calo dan ikut semua test.. habis 250....

gue mo coba sim corner yg skarang dibuka tiap hari di mall. hehehe

@Sheilla : nah loe, kemahalan tuh ;))

@Zam : wah, ga tahu oM ^^

@AngelNdutz : ga bisa donk, klo lewat jalur resmi ;))
tapi klo lewat Calo baru bisa ^^
*weleh, 1983 tuh :P

@annmolly : bleh jg tuh, ntar infonya share juga yah :D

@Anang : tahun berapa? ato mungkin tiap kota beda kebijakan kali ya,.

Lalu apa hubungannya tiket KA yang dicari Zam, sama calo SIM ya.....apa calonya sama ya, kadang jual tiket tapi juga nyalo ngurus SIM.......*kaboer*

Gak brani naik motor, bawa mobil jg ala kadarnya trus Buta Warna bisa gak ya buat paspor ... *kaburrrrrrr

yang gampang dan cepet memang mahal2!
wekekekekek!

HOI!!! sapa itu yg nyamar pake akunku??? Hah? Hah? Hah!!

tampaknya mau ada kopdar di Malang ya?
ahahahahahahah......

SIM sya 1thun lagi habis nih,, jngan dihapus ya postingan yang ini,,

Masih setaon lagi! Eh, beneran tuh zam ma kang iman mau k malang?

Dulu aq habis 180-an untuk perpanjangan saja. Apa lain kabupaten lain kebijakan ya???

Kalo aku biasanya tinggal kasihkan ke calo. Enak diambil dirumah diantarin kalo dah jadi. So, gak perlu repot2 ke kantor polisinya.

lho katanya sudah diperpanjang, kok SIMnya masih sama kayak punyaku... emang jadi panjang berapa centi sih?
:D

waktu ngurus sim pertama kali saya pun ngak pake calo.. murah.. murah ...
biasanya sih yg pake calo itu di kota besar, yg malas orang2nya pada ngantri :D

kalo om yang penting cepat jadi aja le malas ke kantor polisi apa lagi pake test segala bikin capek hehehe

holohh kog pake test hihihi, aku kog gag pernah di test2 segala yah hehehe, paling banter di ukur tinggi doangan trus di poto jegreggg... jadi dehh :D

Kalo bikin baru ya beda no le...
Ntar kalo polisinya sialan *kalo gak bayar gak lulus* gimana?
Bayar mahal tuh :D

wew...
tips yang bermanpaat

tak pake buat taun depan ah!
moga aja masih berlaku tipsnya

wah saya aja ndak bisa nyetir le.. gimana mau punya sim yak..hehehe

wah enak ya buat SIM di Indonesia
gampang!

Aku gak pake cara apa apa, dan gak bayar sepeserpun soalnya...!! aku gak punya motor gak punya mobil jadi percuma juga kalo ngurus :)) hahaha

bener jg, yg penting kita mau sedikit capek aja. lagian klo pk calo jg kita musti datang kesana & ngantri jg, ya sama aja...

yup sama aja waktunya klo pake calo apa gak...

klo bawa saudara, bapak, kenalan dari ABRI langsung selesai....

aq uda 17th blum ya??


*treak2 nanya ke ibu*

Wah itu dimana Le?
Kalau di sini CALO nya ya POLISI nya sendiri. :D
Tetap ikuti prosedur aja kadang seharian gak siap!

@Abe

sama, di sini juga yg calo mah polisi

Kebetulan simku juga mau habis nih. Aku akan menerapkan tips ini, Mas. Murah dan cuman 2 jam, hehehe...

aku coba dulu mumpung simq ntar lagi mati

hwiii aq masi lama tuh,masi ntar taon 2012..

tapi lumayan juga inponya,kalo buat SIM A buat Mobil gmana yak???

tes prakteknya gmana??

Weeww... 77 rebu... mahal tuh bang...

biaya seharusnya kan (utk perpanjangan) cuman 60 rebu.... ini di tempat saya loh...hehehehe

di tangerang susah bangeeeeeeeetsss bikin SIM,........ kalau nembak MAHAL eh engak ding mati............... bantuain dong bu polisi,......... bilangin ke temennye ye... yang ditangerang jangan nawarin tembakan (400 ribu).... udah yang lewat prosedur dilulusin aja,........

mas, Satpas Polres Blitar tu yg d daerah Talun bukan? atw yg d Jl. Sudirman(selatan perempatan k Makam BK)??

katanya prlu k kantor yg d Talun sgala. Bnr kh?

Yup, kalau kamu tinggal di daerah Kabupaten berarti ke Talun. Tapi kalau masuk Kotamadya berarti yang di Jl. Sudirman.

aq brusan bkin ma keluarga om, abis Rp,700.000 1 memperpanjang SIM yg 2 bikin SIM baru :( mahal bget,,nyesel deh,udah gtu sama ajh prosesx,dr pge jm 8 nyampek sana, jam 2 baru nyampek rumah,capeekk mahal lge lewat calo,,hufh.....

Wah mahal banget tuh,
Ya mgkn next time diurus sendiri aja ya :)

mantap mas inpoh nya..kebetulan bulan depan SIM C saya mau abisss..

Thank u masnya buat infonya. Lagi mau perpanjang SIM soalnya...

alhamdulillah
tambah mudah mengurus SIM online sendiri
terima kasih banyak infonya