Monday, June 16, 2008

Saat kebutuhan puLsa mengalahkan kebutuhan Primer

Hayo.,
haree genee siapa yang belum punya HaPe? :D
jika blm punya, mungkin anda perlu merenungkannya lagi :P
Secara HaPe sekarang sudah menjadi alat komunikasi semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.

Sebelumnya artikel ini pengen tak kasih judul,
'Saat HaPe bukan lagi menjadi ukuran Kaya atau Miskin'
tapi karena satu dan lain hal, judulnya aLe ubah.,
Lihat saja, betapa dijalan2 (hampir) semua orang pegang HaPe, bahkan kalangan ELIT-pun juga banyak yang telah mempunyainya (ELIT, baca : Ekonomi suLIT).

Hohoho, sampai2 disaat pembagian BLT (Bantuan Lengsung Tunai) kemaren pun sebagian dari 'mereka' menunggu antrean sambil asyik SMS-an. Ah, apa kata dunia, miskin kok bangga ^^

oK, ke bahasan awal,
kenapa aLe bilang kebutuhan puLsa mengalahkan kebutuhan Primer?
*pasti jawabannya karena* :P

Yeah, anda pernah makan di depot pinggir jalan?
Saat menyantap makanan enak banget kan? ;;) Tapi setelah anda membayar, harganya 20ribu untuk 1 porsi Nasi Ayam goreng dan 10ribu untuk Es Jeruknya? makanan yang tadinya enak jadi gak enak ;))

Yeah, anda pernah ke Distro/Butik lihat pakaian?
bagus2 ya? ;;) Tapi setelah lihat label harganya? pakaian yang tadinya bagus mendadak jadi jelek ;))

*ah, memang 2 hal diatas (lagi-lagi) tidak berlaku untuk sebagian kalangan yang berduit* :)

Tapi coba siapa dari anda yang pernah 'tidak ikhlas' saat membeli pulsa yang 10ribu, 20ribu, 50ribu, 100ribu, hanya untuk telefon2an dan sms-an doank? apalagi ada si 'doi' nun jauh disana *nah loe* ;)) Seolah harga berapapun tak berpengaruh terhadap kebutuhan yang satu ini (pulsa).

Yup, itulah sekelumit kesimpulan Subyektif dari aLe atas judul artikel ini, yuk kita diskusikan apakah hal ini akan menjadi Obyektif karena anda juga menyimpulkan seperti itu. Atau malah sebaliknya? :)

45 comments:

cocok banget era sekarang kalo jualan pulsa..coz bisnis itu gak akan mati kecuali operator telepon di indonesia semua pada mati.. :p

Tapi kebutuhan primer saya tetep ngeblog lho.. :D

enak nggak enak dah tertelah he!

Betul. Hanya saja masalah mahal atau tidak sebenarnya lebih pas karena faktor apakah bisa memuaskan kebutuhan atau tidak.

Sesuatu itu akan terasa mahal jika kita tidak puas dengan apa yang didapat dari sejumlah uang yang telah dikeluarkan.

Nah, dalam hal ini aLe merasa puas mengeluarkan uang untuk membeli pulsa :) Tetapi tidak merasa puas mengeluarkan uang untuk membeli makanan :p

Saya pribadi tidak lho, saya lebih senang makan (jajan) dan nonton film meskipun (terkadang) harganya lebih mahal dari membeli/membayar pulsa :d

kebutuhan atau keinginan?
itu saja!

walh, hp dan pulsa itu sudah mulai mengarah ke kebutuhan primer kayaknya mas aLe. anak2 muda lebih baik nggak makan daripada nggak bisa sms, hiks :lol: pertanda baik atau burukkah ini, mas?

saya (dan juga aLe, sok tau nih) pasti lebih memilih makan. iya to Le? makanya kan kita gendut, wakakaka...
*kabur sebelum aLe berasap*

bener. pulsa dah jadi kebutuhan utama karna semakin merakyatnya hp.. hehe. sebulan bisa ratusan ribu wkwkwkwk.

sebagian krn msh latah juga, gak oke kalo gak ikutan punya hape, padahal msh sering ngutang.......penempatan prioritas yg gak pas........

sepertinya antum perlu baca ini

iya le..biarpun ngisi cuma 20rb yang penting ada pulsanya hehehe apalagi waktu kenalan diminta miscall kan malu kalo gak ada pulsa :D

Jualan pulsa, bisnis yang ndak akan pernah sepi, tertarik?? hehe

wew....kalo Ndutz sekarang uda bisa agak hemat kok, kan uda agak dekat. :P

Tapi yg pasti, Le..
Pake terus SimPATI nyaaaa yaaaa..
(ini aseli nyekem hihi..)

Pake dulu bayar BELAKANGAN :D

emang sekarang ini yang namanya pulsa udah kayak beras, mesti beli tiap hari

huaa.. kk alee.. pa kabar? ^^

haha.. bener banget tuh.. ke mana" pada megang hp or asik sms an di jln an *kyk aku jg sih.. hehe..*

abisnya hp skrg khan bisa beli yang murah.. pulsa mahal tapi sms an byk (kyk xl), telp lama tapi cuma ngurangin pulsa dikit.. lama" mungkin hp jadi kayak di Jepang yah? kalo ilang hp, bsknya langsung beli lg. hehe..

well gara2 hp byk beredar bokep lokal :)

masih musim beli pulsa? engga banget deeeehhhhh..... *biasa minjem hape orang semena-mena* hihihi

tergantung sih kalo aku, scara aku bukan maniak hp :))

*kalo suruh milih 10.000 duit terakhir untuk makan atau beli pulsa, milih makan dech :)

Hayo.,
haree genee siapa yang belum punya HaPe?
saya belum punya Hape.. Suerrr!! :)
(lagi gak punya)

pulsa ibarat rokok ato bbm tidak boleh stoknya tidak boleh abis. bayangin aja klo langka kaya bbm bakal jadi isu nasional loh. :-)


Tapi coba siapa dari anda yang pernah ‘tidak ikhlas’ saat membeli pulsa yang 10ribu, 20ribu, 50ribu, 100ribu, hanya untuk telefon2an dan sms-an doank? apalagi ada si ‘doi’ nun jauh disana *nah loe*


nyindir yah... X(

ya benar2 juga, bahkan ada juga dosisnya 5 kali nelpon 10 sms perhari + bonus sms sepuasnya ke ceesan u.

Ho ho ho...kalo saya sih tetep diusahakan nyari gratisan...

*hostpot buat YM an dan nge-blog*

Kalo pulsa, cuma habis 50rb doank sebulan...pacar deket kok...hehehehe...

kalo sekarang kebutuhan primer tetep nonton euro2008

Ya, emang semua tergantung mindset kita masing-masing. Seberapa besar kita menilai sesuatu itu penting.

Bagi yang hobi dandan, rela aja bayar mahal2 demi pakaian bermerek. Tapi aku lebih suka dikeluarin buat bayar koneksi internet, peripheral kompie, gadget2, dsb.

Pas lagi jomblo ya aku pulsa irit banget. Pas lagi ada gandengan ya ngalir terus... :D

Makanan pun dapat disebut kebutuhan primer hanya dalam batas2 tertentu kan. Kalau kebutuhan makan utk energi kita beraktivitas sudah terpenuhi, selebihnya, makanan2 yg kita beli itu fungsinya ya untuk kebutuhan sekunder, misalnya pemuas hasrat (makanan2 yg memanjakan selera kita), atau fungsi sosial (makan2 bareng konco2).

saya malah jrng pake HP :p

tapi kalo diitung" justru malah lebih murah lo yah skrang kalo pake hape.. kalo kita lagi pada buat event gitu, teleponin sponsor, crew, dsb. malah lebih irit make hape.. soalnya kan operatornya gak jauh jauh amat,sesama indosat atw xL.. yah .. coba kalo pake telepon rumah.. wah tekor tuh bayar tagihan.. :p

soal ikhlas gak ikhlasnya beli pulsa buat teleponan sama si dia :lol: gimana tuh.. mank udah kebutuhan x ya.. :p soalnya kalo sama" sibuk, ketemu yang sebulan bisa diitung pake jari, mo komunikasi pake apa lagi coba? kalo MSNan harus buka" compie segala. kalo e-mail"an.. balesnya dah keburu cape... kayak jaman dulu aja.. yah gitu dehh.. :D

kalo dipikir2 bener juga sih ya le...

kalau gak ada pulsa gak bisa telpong2an, kalo gak bisa telpong bisa2 bisnis mandek :)

ah cerita lama, sudah klasik. wkt lagi ada pembagian beasiswa bantuan utk mhsw kurang mampu (kuliah tingkat1) yg dpt kok yah mahasiswi dg henpon kamera supir canggih yg modis dan tidak terlalu berprestasi banged deh.

@ iin
De Javu Bangeeettt....:D

Pas dapet beasiswa, langsung muter2 ke mal :D

Komunikasi itu udah menjadi kebutuhan primer, jadi tidak mungkin tidak beli.

pake walkie talkie aja biar gak usah beli pulsa.. :p

hehehe,so lebih baik gak makan dan ngerokok ya daripada gak punya pulsa :-)

iya juga sih, rela ndak makan biar sms sama doi jalan terus... #:-S

hahaha bsia fata tuh kalau dibiasain....tapi bagaiman lagi udah sakau pulsa yah :)

@daaan : wah tertarik donk =P~

@AngelNdutz : seep lah ;)

@Abe : haiyah :P

@Jauhari : weleh yg pake helo kity ;))

@ayahshiva : bet... tul :D

@SatoNa : alhmdllh baek non :D haha, iya jg yah,.

@joko supriyanto : itu ironisnya :(

@ichanx : wekekeke, dasar :-j

@galih : pasti gara2 ga punya cewe kalee :P

@bobby : kasihan sekali kau nak :P

@annmolly : nah loe :D

@cempluk : hehe, iya neh,.

@Nazieb : nge blog apa nge blog ;))

@pudakonline : dah tertelan maksudnya?

@Riyogarta : itulah bedanya yg menikah dengan yg belum :P

@sluman slumun slamet : dua2nya ;)

@sawali tuhusetya : klo mending pulsa daripada rokok itu pertanda baik pak :D

@fa : wekeke, mbak Fa emang paling tahu aLe :"> miss u :-x

@Anang : begitulah Nang™ :D

@endang : problem rumah tangga neh :P

@zam : *meluncur*

@oom : hehe, ooM tahu aja anak muda ^^

@iin : cerita sakit hati neh :D

@utchanovsky : tuh khan ;))

@Ivan : kan bs chatingan ;)

@ivn : lha walkie talkie harganya berapa :-j

@Pinkparis : iya :D

@Penyu : tuh khan ;))

@uwiuw : iya neh :D

@adit-nya niez : weleh, mulai deh :D

@carra : klo merasa ya silahkan >:)

@noki : ga pernah ceesan :P

@Rystiono : pacaran lewat YM :D

@fajaws : byuh :P

@huda : wah kedatangan praktisi neh :D thanks pencerahannya,.

@Fikar : gara2 cewe deket? atao ga punya cewe? :P

@Jane : nah loe, yg biasa jadi EO lbh pengalaman neh :D

@Vandy : tahu ajjah :D

@pink : iya pink,. kapan neh mo telp aLe :P

@Harry : sepakat L-)

kalo perlu, dari pada dipikirin terus, ya kita beli. apa lagi beli pulsa,ah itu tetep nomer setunggal nggeh.. he